Kampus Bina Darma Palembang Pilih Tunda Wisuda Ketimbang Harus Online 

Tetapi pelaksanaan yudisium melalui pertemuan virtual

Palembang, IDN Times - Pandemik COVID-19 memaksa sejumlah kampus di Indonesia melakukan wisuda secara online sebagai opsi seremonial. Namun tak sedikit juga kampus yang menolak, alasannya dianggap kurang khidmat. Salah satunya Universitas Bina Darma (UBD) Palembang.

Menurut Wakil Rektor Bidang Akademi Riset Teknologi dan Kemahasiswaan Alumni (ARTIKA) UBD Palembang, Muhammad Izman Herdiansyah, pihaknya menerima masukan dari akademik dan mahasiswa agar tidak melakukan wisuda online.

"Ada masukkan dari mahasiswa yang kurang menyetujui, kemudian beberapa program studi dan fakultas juga tidak menginginkannya. Jadi tidak kita lakukan, dan menunggu arahan pusat selanjutnya," kata Izman, Kamis (26/5).

1. UBD Palembang terapkan e-learning sejak 2014

Kampus Bina Darma Palembang Pilih Tunda Wisuda Ketimbang Harus Online Situasi pengambilan ijazah di UBD Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Izman menerangkan, kendati belum melaksanakan wisuda, mahasiswa yang telah mendapatkan gelar dipersilakan mengambil ijazah setelah melewati yudisium secara virtual.

"Yudisium online pakai server kampus, kebetulan fasilitas kami memadai karena sejak 2014 sudah e-learning. Aktivitas PJJ (pendidikan jarak jauh) sudah lama diterapkan," terang dia.

Baca Juga: Universitas Negeri dan Swasta di Palembang Tunda Pelaksanaan Wisuda

2. Sebanyak 520 calon wisudawan sudah lakukan yudisium online

Kampus Bina Darma Palembang Pilih Tunda Wisuda Ketimbang Harus Online Situasi pengambilan ijazah di UBD Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sebanyak 520 calon wisudawan UBD Palembang, sambung Izman, semestinya sudah mengenakan toga pada April lalu. Namun karena pandemik, mereka baru akan mengikuti proses wisuda serentah pada Oktober mendatang.

"Bagi yang mau wisuda di Oktober silakan, yang tidak juga diperbolehkan. Karena mayoritas mahasiswa lebih dari 50 persen asal daerah dan kebanyakan sudah bekerja ke luar kota. Terpenting adalah hak mereka, urusan trasnkip dan lain-lain, sudah selesai," sambungnya.

3. UBD Palembang beri kelonggaran UKT bagi mahasiswa

Kampus Bina Darma Palembang Pilih Tunda Wisuda Ketimbang Harus Online Situasi pengambilan ijazah di UBD Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Selain tak melonggarkan mahasiswa mengikuti wisuda, UBD Palembang kata Izman juga memberi keringanan pembayaran uang kuliah tunggal atau UKT. Pihak kampus mengizinkan mahasiswa mengangsur alias mencicil UKT setiap bulan.

"Bina Darma beri kelonggaran mahasiswa membayar UKT cicil tiap bulan selama satu semester. Maksimal enam bulan, jadi pembayaran minimum Rp1 juta per bulan karena minimum UKT Rp6 juta. Tapi sebelumnya harus membayar uang awal Rp1,5 juta," tandas dia.

Baca Juga: Dear Mahasiswa Unsri dan Polsri, Kalian Bisa Ajukan Keringanan UKT

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya