H-5 Festival Sungai Sekanak Lambidaro, Persiapan Baru 70 Persen

Dua kegiatan ditambahkan dalam rangkaian acara

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) masih menyiapkan Festival Sungai Sekanak Lambidaro Palembang yang akan berlangsung pada 5-6 Februari mendatang. Meski festival sudah dekat, namun persiapan baru mencapai 70 persen.

"Kita usahakan semua siap 100 persen. Kita kejar selesai di waktu yang tepat," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang, Ratu Dewa, Selasa (1/2/2022).

1. Laksanakan penanaman pohon dan tebar bibit ikan

H-5 Festival Sungai Sekanak Lambidaro, Persiapan Baru 70 PersenSekretaris Daerah (Sekda) Palembang Ratu Dewa (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Pemkot Palembang berjanji Festival Sungai Sekanak Lambidaro bisa terselenggara meriah. Acara tersebut akan menampilkan penanaman pohon dan penebaran bibit ikan.

"Ada beberapa stand kuliner, termasuk mungkin ada atraksi dari komunitas," kata dia.

Baca Juga: 2 Jembatan di Sungai Sekanak Palembang Akan Direkonstruksi

2. Minta OPD solid persiapkan festival Sungai Sekanak Lambidaro Palembang

H-5 Festival Sungai Sekanak Lambidaro, Persiapan Baru 70 PersenPengerjaan penambahan ornamen di sisi Sungai Sekanak Palembang oleh petugas (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Dewa menyampaikan, penanaman pohon dan penebaran bibit ikan merupakan acara tambahan, karena sebelumnya tidak ada dalam rangkaian Festival Sungai Sekanak Lambidaro Palembang.

"Karena penambahan, persiapan ini harus dimatangkan. Event ini bukan hanya satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melainkan gabungan dari beberapa OPD sehingga harus solid," timpalnya.

Baca Juga: Festival Sekanak Lambidaro di Palembang Diundur 5-6 Februari

3. Siagakan ratusan personel pengamanan

H-5 Festival Sungai Sekanak Lambidaro, Persiapan Baru 70 PersenGanjar Pranowo Sebut Sekanak Lambidaro Palembang Contoh Edukasi Sungai (IDN Times/Dokumen Kominfo Palembang)

Selain mematangkan kegiatan, Pemkot juga akan menyiapkan personel pengamanan dengan melibatkan ratusan petugas dari Satpol PP, TNI, Polri, dan Dinas Kesehatan (Dinkes), untuk menjaga penertiban dan memecah kerumunan selama kegiatan berlangsung.

“Kami mengimbau agar seluruh pihak menyukseskan kegiatan ini, karena ini salah satu program unggulan Wali Kota Palembang. Tentunya harus mengedepankan protokol kesehatan,” tambahnya.

4. Dirikan posko gabungan dan parkir khusus

H-5 Festival Sungai Sekanak Lambidaro, Persiapan Baru 70 PersenSungai Sekanak Lambidaro Palembang (IDN Times/Dok. Istimewa)

Dewa melanjutkan, Pemkot Palembang bakal menyediakan titik parkir baik VVIP, VIP, hingga parkir umum, serta menyiapkan tiga posko gabungan dan terpadu selama festival sungai terselenggara.

“Kami minta semuanya berlangsung aman dan harus serius. Bukan hanya pengamanannya saja, tetapi juga sampah dan lain sebagainya,” tandas dia.

Baca Juga: Sampah di Sungai Sekanak Lambidaro Capai Seperempat Truk Sehari 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya