Gubernur Lampu Hijau, 24 Sekolah di Sumsel Siap Tatap Muka

 Sumsel beri lampu hijau untuk tatap muka

Palembang, IDN Times - Dinas Pendidikan Sumatra Selatan (Disdik Sumsel) mencatat ada 24 sekolah negeri bersiap menyambut Kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM) secara tatap muka.

"Pak Gubernur mulai memberikan lampu hijau, dan sudah 24 instansi pendidikan menyambut baik rencana pembelajaran tatap muka," ujar Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Palembang, Sugiyono, Jumat (4/6/2021).

1. Disdik sambut baik rencana sekolah tatap muka

Gubernur Lampu Hijau, 24 Sekolah di Sumsel Siap Tatap MukaIlustrasi sekolah tatap muka di tengah pandemi COVID-19 (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Meski belajar tatap muka belum bisa dipastikan, namun Disdik telah menyiapkan segala kebutuhan utama untuk penerapan belajar dengan protokol kesehatan (prokes).

"Alhamdulilah, memang adanya wacana ini kita sambut baik apalagi sudah mendapatkan tanggapan positif dari Pemda," kata dia.

Baca Juga: 5 Sekolah di Palembang Gelar Simulasi Belajar Tatap Muka

2. Sejumlah sekolah sudah melakukan simulasi belajar tatap muka

Gubernur Lampu Hijau, 24 Sekolah di Sumsel Siap Tatap MukaIlustrasi siswa sekolah dasar belajar online (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Sugiyono menyampaikan, sejumlah sekolah negeri tingkat SMA di Palembang bahkan telah melakukan simulasi belajar tatap muka. Hal itu bertujuan agar instansi pendidikan tidak kesulitan menyiapkan hal teknis.

"Dari SMA Negeri 1, 2, dan 3, hingga SMA Negeri Sumsel dan SONS juga, semua saya pastikan sudah siap menggelar PTM terbatas ini," timpalnya.

3. Ada delapan sekolah rujukan di Palembang boleh melaksanakan belajar tatap muka

Gubernur Lampu Hijau, 24 Sekolah di Sumsel Siap Tatap MukaIlustrasi siswa SD mengenakan masker (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)

Kendati begitu, Disdik menyebut tidak semua sekolah berhak menggelar belajar tatap muka. Sebab pihaknya berwenang untuk menunjuk beberapa sekolah rujukan yang ada di Sumsel dengan skala prioritas.

"Seperti di Kota Palembang ada delapan sekolah yang menjadi rujukan, yakni SMA Negeri 1, 3, 4,  5, 6, 8, dan 17. SMA Negeri Sumsel dan di setiap daerah kabupaten atau kota lainnya, ada satu sampai dua sekolah rujukan ini," tambah dia.

4. Sekolah tatap muka bakal dibatasi 50 persen dari kapasitas

Gubernur Lampu Hijau, 24 Sekolah di Sumsel Siap Tatap MukaIlustrasi pengenalan lingkungan sekolah di salah satu sekolah negeri Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sekolah-sekolah rujukan tersebut telah terverifikasi dan secara infrastruktur maupun sarana serta prasarana, semua sudah mendukung untuk gelar belajar tatap muka terbatas. Begitu juga tenaga guru yang siap dan telah menerima vaksinasi COVID-19.

"Mulai dari penyediaan protokol kesehatan seperti tempat cuci tangan, handsanitizer, alat pengukur suhu dan lain sebagainya sudah sangat memadai. Hingga pembatasan kapasitas 50 persen dari jumlah siswa," tandasnya.

Baca Juga: Dampak Pembatalan Haji, Antrean Keberangkatan di Sumsel Jadi 21 Tahun

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya