Faktor Kemarau, 90 Persen Taman Kota Palembang Rusak  

Sesuai aturan UU, jumlah taman kota Palembang masih kurang

Palembang, IDN Times - Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PeraKP) Kota Palembang, Affan Mahali Prapanca menyatakan, sebanyak 90 persen taman kota dari 160 titik yang tersebar di 47 hektare (Ha) lahan di wilayah Palembang mengalami kerusakan.

"Dari semua taman tersebut, ada hampir 90 persen taman mengalami kerusakan, karena cuaca kemarau yang terjadi berapa bulan terakhir. Kemudian, memang ada sebagian lainnya kita akui kurang perawatan. Tetapi ini sudah masuk program di tahun depan untuk diindahkan lagi," jelasnya kepada IDN Times via  ponsel, Senin (25/11).

1. Ada 157 taman kota yang akan ditata ulang

Faktor Kemarau, 90 Persen Taman Kota Palembang Rusak  Taman di Kota Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Affan melanjutkan, pihaknya bakal melakukan penataan taman pada 157 titik, seperti Taman Simpang DPRD Sumsel, Flyover Polda, jalan protokol serta di beberapa titik lainnya.

"Ada tiga titik termasuk taman Kambang Iwak dan Jeramba Karang yang perlahan telah kita perbaiki, seperti aksesoris dan fasilitas taman, yakni kursi dan lampu. Sedangkan yang difokuskan itu penataan ulang taman kota akibat dari kemarau, yang perlu peremajaan," ujar dia.

2. Pihak PeraKP gandeng OPD

Faktor Kemarau, 90 Persen Taman Kota Palembang Rusak  IDN Times/Feny Maulia Agustin

Untuk memperlancar perbaikan taman kota, jelas Affan, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan OPD dan camat untuk melakukan penataan taman yang ada di setiap kecamatan.

"Karena Pemkot Palembang akan menggelar lomba taman indah," jelas dia.

3. Wali Kota Palembang akui taman kota masih kurang

Faktor Kemarau, 90 Persen Taman Kota Palembang Rusak  IDN Times/Feny Maulia Agustin

Sementara, Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengatakan, agar realisasi perbaikan cepat selesai,   pihaknya akan mengadakan lomba taman. 

"Menurut Undang-Undang (UU), bahwa setiap kota harus memiliki 20 persen dari jumlah luas wilayah, yaitu taman kota, dan saat ini kota Palembang masih 9 persen memiliki taman kota," kata dia.

Artinya, Palembang masih mempunyai catatan untuk menambah 11 persen taman kota lagi.

"Harapan kita paling tidak kita bisa menjaga dulu taman kota yang sekarang, kita rawat. Kami berharap setiap OPD terlibat disana," sambung dia.

Baca Juga: APBD Palembang 2020 Turun, Ini Penjelasan Wali Kota Harnojoyo 

4. Perbaikan taman kota merupakan perluasan ruang terbuka hijau

Faktor Kemarau, 90 Persen Taman Kota Palembang Rusak  IDN Times/Feny Maulia Agustin

Harnojoyo melanjutkan, perbaikan taman kota juga dilakukan sebagai salah satu program perluasan ruang terbuka hijau (RTH) di 18 kecamatan Kota Palembang.

"Walaupun dengan ruang lingkup yang kecil, OPD harus memiliki taman. Seperti kota Palembang layak anak, dimana setiap OPD, instansi dan ruang layanan publik harus memiliki taman bermain untuk anak, minimal perpustakaan," tandas dia.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya