Efektif Belajar Minggu Depan, Siswa Baru di Palembang Wajib Berseragam

Metode belajar masih menggunakan daring atau jarak jauh 

Palembang, IDN Times - Semua siswa baru di Palembang yang telah melakukan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) tahun ajaran baru 2020/2021, mulai efektif menerima pembelajaran minggu depan. 

Menurut Kepala SMP Negeri 9 Palembang, Hastia, meski belajar sudah efektif minggu depan namun para siswa tetap menerima materi dari guru melalui daring (dalam jaringan) atau online.

Hastia mengatakan, wilayah Palembang belum berada di situasi bebas COVID-19. "Senin depan, siswa baru belajar secara efektif," ujarnya, Rabu (15/7/2020).

1. Belajar daring wajib memakai seragam sekolah

Efektif Belajar Minggu Depan, Siswa Baru di Palembang Wajib BerseragamIlustrasi belajar online di My School Palembang (IDN Times/Dokumen)

Kendati Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dilaksanakan dengan daring atau pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), namun sekolah menerapkan perubahan aturan, yakni siswa diwajibkan memakai seragam sekolah.

"Sebelum tahun ajaran baru, kami tidak mengharuskan pakaian sekolah saat belajar online. Tapi agar lebih formal sebaiknya pakai seragam, karena guru-guru juga sudah memantau dari sekolah. Kalau untuk kelas 7 mulai belajar hari Senin nanti, tapi kelas 8 dan 9 sudah mulai belajar dari kemarin (13/7/2020)," kata dia.

Baca Juga: Sekolah di Palembang Ini Gunakan Drive Thru untuk Siswa Baru

2. MPLS dilaksanakan tiga hari dengan sistem daring

Efektif Belajar Minggu Depan, Siswa Baru di Palembang Wajib Berseragamilustrasi belajar online (IDN Times/Mela Hapsari)

Khusus SMP Negeri 9 Palembang, MPLS dilaksanakan selama tiga hari mulai 13 sampai 15 Juli 2020 melalui online. Keputusan ini sudah sesuai petunjuk Dinas Pendidikan (Diknas) kota Palembang yang berdasarkan penetapan wilayah zona merah.

"Sedangkan materinya juga telah sesuai dengan juknis, yakni pengenalan guru dan cara belajar daring," jelasnya.

3. Sebagian siswa baru masih melakukan pendaftaran ulang

Efektif Belajar Minggu Depan, Siswa Baru di Palembang Wajib BerseragamIlustrasi belajar daring (IDN Times/Dokumen)

Hastia melanjutkan, pihaknya belum dapat mencatat detail keseluruhan siswa yang masuk ke sekolahnya. Sebab sebagian siswa masih melakukan pendaftaran ulang secara daring.

"Tahun kemarin kami menerima 11 rombongan belajar (rombel). Dalam satu rombel ada 32 siswa. Mereka harus daftar ulang, karena biasanya anak yang telah ikut tes bisa berubah pikiran untuk sekolah di tempat lain," ujarnya.

"Termasuk jalur Zonasi, Afirmasi, PMPA dan jalur Mandiri, harus mendaftar ulang. Kalau tidak mendaftar ulang sampai 16 juli maka dianggap mengundurkan diri," tambahnya.

Baca Juga: Tahun Ajaran Baru Sekolah: Sebuah Dilema dan Keharusan

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya