Dispar Palembang Bakal Tambah Ketek Wisata di Sungai Musi

Pemkot membutuhkan dana CSR untuk fasilitas publik

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Pariwisata atau Dispar Palembang, berjanji menambah ketek atau perahu kecil di pinggiran Sungai Musi. Ketek sebagai transportasi air warga Palembang bisa dijadikan wisatawan sebagai moda untuk bepergian.

"Melihat potensi selama ini sudah ada, beberapa kapal air melayani wisatawan menikmati wisata di Sungai Musi. Kami merencanakan akan ada penambahan ketek yang standby," ujar Kepala Dispar Palembang, Isnaini Madani, Senin (28/6/2021).

1. Rencana penambahan ketek sebagai wujud apresiasi Pemkot

Dispar Palembang Bakal Tambah Ketek Wisata di Sungai MusiSituasi aktivitas warga Palembang di pinggiran Sungai Musi bawah Jembatan Ampera (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Menurutnya, penambahan ketek di Sungai Musi merupakan wujud apresiasi Pemkot Palembang untuk meningkatkan potensi destinasi wisata air di Palembang.

"Apalagi beberapa tahun silam Sungai Musi menjadi sumber air baku, jalur lalu lintas transportasi air dan bisnis, juga tempat wisata," kata dia.

Baca Juga: Pemkot Palembang Revisi Perda Transportasi Air di Sungai Musi

2. Sungai Musi bakal jadi muara aliran wisata air ke Sungai Sekanak

Dispar Palembang Bakal Tambah Ketek Wisata di Sungai MusiTugu belido di lapangan benteng kuto besak Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Dispar Palembang berupaya melakukan pengembangan wisata air di Sungai Musi, dan beberapa anak sungai yang potensial dikembangkan secara bertahap. Program tersebut bakal menjadi andalan untuk menarik wisatawan berkunjung.

"Akan ada penambahan fasilitas wisata di sekitar sungai. Seperti nanti Sungai Musi tidak hanya untuk kunjungan ke Pulau Kemaro, tetapi sedang proses pengembangan anak sungai yang bermuara ke Sungai Musi ke Sungai Sekanak," timpalnya.

3. Pemkot Palembang butuh dukungan CSR untuk fasilitas publik di pinggiran Sungai Musi

Dispar Palembang Bakal Tambah Ketek Wisata di Sungai MusiSituasi pinggiran Sungai Musi bawah Jembatan Ampera (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Isnaini mengatakan, industri pariwisata di Palembang kian melejit setelah kota pempek menjadi tuan rumah Asian Games pada 2018. Sehingga 73 objek wisata berpotensi untuk dikembangkan dan menarik kedatangan wistawan mancanegara.

Namun agar fasilitas publik di Palembang bisa menambah daya tarik wisatawan, pihaknya juga butuh dukungan semua pihak dan lapisan masyarakat untuk menjadikan destinasi wisata makin dilirik, seperti bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) dari pihak swasta.

"Beberapa objek wisata yang sudah dikenal, misalnya Sungai Musi, Pulau Kemaro, Kampung Kapitan, Kampung Al Munawar, Benteng Kuto Besak, dan Jembatan Ampera. Supaya makin banyak (wisatawan), objek ini ditambah sarana prasarana," tandas dia.

Baca Juga: Selamatkan Ekosistem Sungai Musi, Pemkot Tebar 500 Benih Ikan

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya