Disidik Palembang Jadwalkan Belajar Tatap Muka Mulai 12 Juli

Disdik menunggu hasil koordinasi Wako dan Satgas Palembang

Palembang, IDN Times - Dinas Pendidikan (Disdik) Palembang mulai menyiapkan aturan pelaksanaan sekolah tatap muka pada 12 Juli mendatang. Berdasarkan intruksi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), wacana masuk sekolah harus segera terlaksana.

"Kalau intruksi Pak Menteri, kita memang harus tatap muka. Mau tidak mau, suka tidak suka, kita akan tatap muka," ujar Kepala Disdik Palembang, Ahmad Zulinto, Kamis (24/6/2021).

Baca Juga: Nadiem Makarim Larang Sekolah Tatap Muka Saat PPKM Mikro

1. Tunggu hasil koordinasi Wako dan Satgas Palembang

Disidik Palembang Jadwalkan Belajar Tatap Muka Mulai 12 JuliIlustrasi pembelajaran tatap muka (dokumen)

Ia mengatakan, Disdik masih berkoordinasi dengan Wali Kota (Wako) Harnojoyo, Sekretaris Daerah (Sekda) Ratu Dewa, dan Satuan Gugus Tugas COVID-19 di Palembang untuk memastikan jadwal masuk sekolah.

"Kami masih bicara sama Sekda, karena Palembang sekarang posisinya tren COVID-19 naik. Tentu kami akan rapat lagi, tapi persiapan tatap muka sudah kita laksanakan," kata dia.

2. Sekolah tatap muka dilakukan dua jam per jadwal

Disidik Palembang Jadwalkan Belajar Tatap Muka Mulai 12 JuliIlustrasi pengenalan lingkungan sekolah di salah satu sekolah negeri Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sekolah tatap muka terbatas telah disosialisasikan dengan kepala sekolah, seperti aturan siswa yang boleh masuk dalam satu shift, hingga jumlah sekolah yang telah mendapatkan rekomendasi membuka kegiatan belajar.

"Kita bagi tiga shift dengan waktu 2 jam. Namun apakah 12 Juli itu bisa kita mulai, kami akan rapat dulu dan lapor dengan Pak Wako. Apakah kita coba terbatas, karena tidak semua sekolah bisa masuk. SMP baru saya rekomendasikan ada 24 sekolah," jelasnya.

Sedangkan jumlah SD yang telah disetujui berjumlah tiga sekolah dalam satu kecamatan. Disdik Palembang berjanji selalu memantau dan mengevaluasi pelaksanaan belajar tatap muka.

Baca Juga: Palembang Perketat PPKM, ASN Bakal WFH Lagi

3. Prioritaskan izin masuk sekolah dari orangtua siswa

Disidik Palembang Jadwalkan Belajar Tatap Muka Mulai 12 JuliIlustrasi siswa SD mengenakan masker (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)

Menurut Zulinto, sekolah tatap muka harus segera terlaksana karena sejumlah orangtua mulai mendesak. Kendati sebagian wali murid meminta sekolah dibuka, namun pihaknya tetap meminta persetujuan dari setiap orangtua.

"Kalau orangtua tidak bersedia, maka tidak masalah dia PJJ. Kita tidak paksakan, karena ada pernyataan. Makanya kita prioritaskan permintaan. Persiapan sekolah untuk Juli, minggu pertama akan evaluasi dan cek ke sana, karena ada sekolah yang kita tunjuk," timpal dia.

4. Sekolah kembali PJJ jika tatap muka bermasalah

Disidik Palembang Jadwalkan Belajar Tatap Muka Mulai 12 JuliIlustrasi : penerpan protokol kesehatan saat pemberlakuan Sekolah Tatap Muka. IDN Times/Andri NH

Berdasarkan informasi sementara yang diterima IDN Times, beberapa SMP negeri yang telah mendapat persetujuan sekolah tatap muka yakni SMP N 1, SMP N 17, SMP N 9, SMP N 10, dan SMP N 25 Palembang.

"Ada beberapa sekolah di pinggiran kota juga akan dibuka. Jadi Juli kalau jadi masuk, kemudian Agustus kita evaluasi. Kalau memang membaik kita akan tambah, kalau tidak baik dan ada masalah, terpaksa kita PJJ dan online lagi," tandas dia.

Baca Juga: Palembang dan Muara Enim Batasi Kendaraan Melintas di Malam Hari

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya