Demi Kesehatan, Paskibraka Sumsel Dilarang Mengonsumsi Makanan Ini

Tanpa menu pedas dan gorengan

Palembang, IDN Times - Demi menjaga kesehatan, pola makan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Sumatera Selatan (Sumsel) disiapkan dengan menu makan yang lebih selektif.

"Ada yang tidak boleh dikonsumsi misalnya menu pedas, karena bisa mengganggu kondisi perut dan pencernaan mereka. Stamina mereka harus dijaga agar tidak drop," kata Tim penanggung jawab Paskibraka Sumsel, Fika Adesta, kepada IDN Times, Selasa (6/8).

1. Jadwal makan diatur sesuai waktu latihan

Demi Kesehatan, Paskibraka Sumsel Dilarang Mengonsumsi Makanan IniIDN Times/Feny Maulia Agustin

Fika mengungkapkan, Menu makanan yang disediakan untuk anggota paskibraka ditentukan sesuai jadwal latihan. Selain makan berat, para anggota diberi jatah makanan ringan (snack).

"Supaya mereka punya energi yang kuat. Karena pelatih juga sudah diperingatkan untuk tidak memforsir terlalu berat. Hal yang harus diingatkan itu adalah menu makanannya jangan terlalu kenyang dan jangan buat jadi cepat lapar," ungkapnya.

2. Saat latihan, anggota paskibraka dilarang mengonsumsi makanan dari luar

Demi Kesehatan, Paskibraka Sumsel Dilarang Mengonsumsi Makanan IniIDN Times/Feny Maulia Agustin

Fika menjelaskan, bahwa pola makan yang disiapkan panitia sudah melalui uji coba kesehatan. Makanya, mereka dilarang mengonsumsi menu makanan dari luar pelatihan.

Seorang Paskibraka, sambungnya, yang mengikuti pendidikan dan pelatihan di Wisma atlet Jakabaring pantang membeli makanan dari luar atau mendapat kiriman makanan, maupun dari orangtua. Hal ini dilakukan agar pola makan mereka terjadwal.

"Kesehatan adalah hal yang paling penting bagi anggota Paskibraka. Mereka harus bisa mengontrol pola makan. Semua makanan sudah diuji oleh tim kesehatan khusus. Sebelum disajikan akan terlebih dulu dicicipi," jelasnya.

3. Agak sulit mencocokkan menu makanan anggota paskibraka yang punya selera berbeda

Demi Kesehatan, Paskibraka Sumsel Dilarang Mengonsumsi Makanan IniIDN Times/Feny Maulia Agustin

Awalnya, terang Fika, pihaknya cukup sulit menyesuaikan selera makan dari semua anggota Paskibraka Sumsel. Karena, ada yang cocok dan ada juga yang tidak terbiasa. Namun, secara pelan-pelan mereka bisa mengonsumsi menu yang sudah disediakan.

"Karena ada tuntutan energi yang dikuras. Kalau tahun ini belum ada yang alergi makanan dan keluhan sakit. Biasanya kalo gak sesuai pencernaan terganggu, apalagi kalau ada yang tanpa sepengetahuan makan pedes bisa menganggu slauran cerna, bisa jadi diare karena faktor kelelahan," terangnya.

Baca Juga: Proses Latihan Paskibraka Sumsel Dijamin Tanpa Perploncoan

4. Anggota Paskibraka Sumsel ikuti pola makan dari panitia

Demi Kesehatan, Paskibraka Sumsel Dilarang Mengonsumsi Makanan IniIDN Times/Feny Maulia Agustin

Sementara, Febi Tri Darma, anggota Paskibraka Sumsel dari SMA Negeri 1 Tanah Abang Pali, mengatakan, mengikuti arahan untuk menjaga pola makan dan disertai dengan vitamin dari tim kesehatan.

"Makan dijaga dan diberi aturan menu asupan harus memenuhi 4500 kalori, kita semua disediakan makanan sehat, dan dengan vitamin pendukung yang dimakan 3 sampai 4 hari sekali dari dokter agar fisik tetap fit," tandasnya.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya