Buat Wong Palembang, Harga Pertalite Bakal Turun Senilai Premium

Subsidi Rp1.400 per liter mulai akhir Oktober 2020

Palembang, IDN Times - Program Langit Biru PT Pertamina Persero Region II Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel) berlaku di Palembang. Sebelumnya pada 2019, program tersebut ditujukkan untuk kota predikat polusi rendah.

"Ini merupakan program nasional yang selaras dengan aturan dari Kementerian LHK, agar mengajak masyarakat menggunakan bahan bakar minyak (BBM) yang tidak menyebabkan polusi," ujar Manager Communication & CSR Pertamina Sumbagsel, Dewi Sri Utami usai audiensi bersama Wali kota (Wako) Palembang, Selasa (6/10/2020).

1. Pertamina optimis subsidi Pertalite menarik minat masyarakat

Buat Wong Palembang, Harga Pertalite Bakal Turun Senilai PremiumPertemuan Pertamina Region II Sumbagsel bersama Wako Palembang (IDN Times/Dokumen Pemkot Palembang)

Ia menilai, warga Palembang bakal antusias menyambut program Langit Biru. Menurutnya, subsidi yang diberikan dapat membuat masyarakat berpartisipasi tinggi menggunakan bahan bakar minyak (BBM) yang ramah lingkungan.

"Mereka dapat menikmati Pertalite yang harganya sama dengan Premium. Karena sesuai standar, BBM yang digunakan memiliki nilai Research Octane Number (RON) minimal 90," kata dia.

Baca Juga: BBM Premium Bakal Hilang, Masyarakat Diarahkan Beli Pertamax atau Pertalite

2. Program dimulai akhir Oktober 2020

Buat Wong Palembang, Harga Pertalite Bakal Turun Senilai PremiumPertemuan Pertamina Region II Sumbagsel bersama Wako Palembang (IDN Times/Dokumen Pemkot Palembang)

Dewi menuturkan, harga Pertalite saat ini adalah Rp7.850 per liter dan harga tersebut bakal dikonversikan dengan harga Premium yang hanya Rp6.450 per liter. Sehingga subsidi Pertalite yang diberikan Pertamina untuk program Langit Biru sebesar Rp1.400 tiap liternya.

"Program ini akan dimulai pada akhir Oktober nanti. Ada 14 SPBU di Palembang yang menjual Pertalite seharga Lremium, dari total 39 SPBU yang ada," tuturnya.

3. Program Langit Biru untuk kendaraan roda dua, roda tiga, taksi dan plat kuning

Buat Wong Palembang, Harga Pertalite Bakal Turun Senilai PremiumIDN Times/Debbie Sutrisno

Harga yang akan diganti ke Pertalite kata Dewi, bakal melalui proses perlahan namun pasti. Pada tahap pertama, Premium tidak dijual lagi hingga Desember 2020.

"Sasaran Pertalite seharga Premium ini adalah kendaraan roda dua, roda tiga, taksi, dan kendaraan plat kuning," jelas dia.

4. Sebanyak 14 SPBU di Palembang bakal terima Pertalite subsidi

Buat Wong Palembang, Harga Pertalite Bakal Turun Senilai PremiumWali Kota Palembang Harnojoyo (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Wako Palembang, Harnojoyo menambahkan, program subisidi yang dilakukan Pertamina bisa membantu pihak yang memang berhak menerima bantuan. Dirinya juga turut menyambut baik semua kegiatan positif yang bermanfaat untuk masyarakat.

"Sasarannya sudah ada, tapi Pertalite harga normal tetap dijual untuk masyarakat yang mampu. Jadi di 14 SPBU jalur pertalite dibuat dua macam, pertalite harga premium ada jalur khusus," tandas dia.

Baca Juga: Bantah Hapus Premium, Pertamina Tetap Salurkan Semua Produk BBM

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya