Bandara SMB II Palembang Tertutup Asap, 476 Penerbangan Tertunda 

17 persen dari keseluruhan jadwal penerbangan di SMB II

Palembang, IDN Times - Dampak tebalnya kabut asap di Kota Palembang menyebabkan 476 jadwal penerbangan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang tertunda.

Executive General Manager Bandara SMB II Palembang, Fahroji mengakui, akibat peningkatan tebalnya kabut asap di Sumsel khususnya kota Palembang, membuat jadwal penerbangan mengalami penundaan.

"Ada 476 jadwal penerbangan baik kedatangan dan keberangkatan tertunda dari dampak kabut asap," katanya, Jumat (11/10).

Penundaan dari jadwal penerbangan tersebut, meliputi 239 jadwal kedatangan domestik, 233 jadwal keberangkatan domestik, 2 kedatangan internasional dan 2 keberangkatan internasional.

“Jadi yang tertunda itu, dari 2.852 penerbangan yang ada di Bandara SMB II Palembang atau 17 persen dari keseluruhan. Dari 476 penerbangan itu, jadwal tertunda paling banyak Maskapai Lion Air, yakni 83 kali tertunda kedatangan dan 74 kali tunda keberangkatan, atau total sebanyak 137 kali," ujar dia.

Fahroji mengungkapkan, penerbangan di Bandara SMB II Palembang sudah terganggu akibat tebalnya kabut asal sejak awal September hingga saat ini. Umumnya, gangguan tersebut terjadi pada pagi hari saat jadwal penerbangan padat.

"Kabut asap paling parah terjadi pada 23 September, yang menyebabkan aktivitas penerbangan terhenti selama tiga jam, dan membuat belasan penerbangan tertunda akibat jarak pandang berada di bawah ambang batas aman 800 meter," ungkap dia.

Pada 23 September lalu itu juga, jelasnya, pesawat Air Asia dari Kuala Lumpur terpaksa putar balik ke Johor Baru, lantaran landasan tertutup asap yang cukup lama.

"Untuk sejauh ini penerbangan hanya tertunda dan putar balik saja, belum ada yang batal berangkat akibat asap, kalau batal karena faktor operasional ada," jelas dia.

Meski mengalami banyaknya jadwal penerbangan yang tertunda, namun pihaknya menyatakan Bandara SMB II tidak mengalami kerugian. Hanya saja, memang terjadi penumpukan jadwal dan penumpang, yang masih bisa diatasi otoritas bandara.

"Kita berharap calon penumpang bisa mengerti, kalau pesawat ada yang delay itu karena pengaruh kondisi cuaca atau alam," tandas dia.

Baca Juga: Lagi, Faktor Asap Tunda 5 Penerbangan dari & Menuju ke Bandara SMB II 

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya