Bandara SMB II Dibuka, Batik Air Layani 57 Penumpang Rute Jakarta 

Lalu ada 12 orang tiba di SMB II dari Soekarno Hatta

Palembang, IDN Times - Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang kembali dibuka untuk melayani penerbangan komersial, Minggu (10/5). Pantauan IDN Times, baru Batik Air yang melayani penerbangan rute Jakarta-Palembang dan sebaliknya.

Executive General Manager PT Angkasa Pura (AP) II Persero, Kantor Cabang Bandara SMB II Palembang, Fahroji, menyebut sudah ada 45 orang penumpang yang berangkat menuju Jakarta menggunakan maskapai tersebut. Sedangkan di pintu kedatangan sedikitnya 12 orang tiba dari Jakarta pada pagi tadi.

"Hari ini baru Batik Air yang terbang dari dan menuju Jakarta. Besok juga masih Batik Air pukul 8 pagi," singkatnya kepada IDN Times, Minggu (10/5).

Baca Juga: [Lipsus] Mengungkap Transparansi Data Penerima Bansos Palembang

1. Jadwal operasional penerbangan maskapai di pagi hari

Bandara SMB II Dibuka, Batik Air Layani 57 Penumpang Rute Jakarta General Manager (GM) Bandara SMB II Palembang dan Angkasa Pura II Fahroji (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Operasional penerbangan di Bandara SMB II Palembang terjadwal kedatangan Batik Air Boeing BTK 6872 pada pukul 08:05 WIB, dari Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta menuju Bandara SMB II Palembang. Serta keberangkatan Palembang-Jakarta dengan pesawat Boeing BTK 6873 pada pukul 08:45 WIB.

Sebelumnya Bandara SMB II Palembang sudah tidak melayani penerbangan pesawat komersial sejak 24 April lalu. Bahkan dari tanggal 11 April, operasional bandara telah berubah. Ketika normalnya buka pukul 05.00-24.00 WIB, namun sejak pandemik COVID-19 berubah menjadi 06.00 WIB-18.00 WIB.

Baca Juga: AirAsia Indonesia Terbang ke Malaysia Lagi Mulai 18 Mei

2. Penumpang pesawat untuk kategori tertentu

Bandara SMB II Dibuka, Batik Air Layani 57 Penumpang Rute Jakarta Situasi di Bandara SMB II Palembang (IDN Times/Istimewa)

PT. AP II wilayah Sumsel menegaskan, keberangkatan dan kedatangan hanya untuk penumpang yang telah memiliki reservasi tiket sejak jauh hari. Pihaknya hanya akan membuka penerbangan bagi kargo untuk mengangkut barang, atau ada pesawat khusus yang membutuhkan pendaratan dalam keadaan situasional tertentu.

Sesuai aturam Menteri Perhubungan (Permenhub) nomor 25 tahun 2020, larangan mudik berlaku untuk wilayah yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), juga daerah dengan zona merah pandemik COVID-19

"Mulai 24 April seiring larangan mudik, penerbangan penumpang ditiadakan," kata dia.

3. Bandara SMB II Palembang masih terapkan protokol COVID-19

Bandara SMB II Dibuka, Batik Air Layani 57 Penumpang Rute Jakarta Ilustrasi situasi transportasi di Bandara SMB II Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Meski jam operasional dan jumlah penerbangan pesawat berpenumpang komersia telah dibatasi, namun pengiriman logistik seperti obat-obatan masih menjadi prioritas pihak bandara. Terutama yang mengangkut sampel infection substance COVID-19.

Pihak PT. AP II Sumsel di Bandara SMB II Palembang menjamin skema 3S+1C dalam pelayanan. Atau sesuai intruksi protokol kesehatan penanganan COVID-19.

Sistem Safety, Security, Service, dan Compliance, yaitu keberadaan petugas di bandara tetap siaga apabila ada maskapai yang mengalami kendala teknis dan operasional. Serta mengantisipasi kondisi di bandara jika ada kebutuhan untuk pendaratan mendadak.

Baca Juga: Menhub Izinkan Transportasi Komersial Beroperasi Mulai Besok

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya