Comscore Tracker

5.671 Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang Terima Subsidi UKT Rp1 Juta

Masing-masing mahasiswa bakal menerima Rp1 juta

Palembang, IDN Times - Ribuan mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang menerima bantuan stimulus uang kuliah tunggal alias UKT. Dana itu berasal dari anggaran Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan (Pemprov Sumsel).

Humas UIN Raden Fatah Palembang, Elis mengatakan, Pemprov bakal memberikan bantuan sebesar Rp1 juta untuk setiap mahasiswa terdampak COVID-19 berdasarkan SK Dinas Pendidikan Sumsel nomor 420/6088/ Set.3/Disdik.SS/2020.

"Ada 5.671 mahasiswa yang mendapat bantuan stimulus UKT ini, mereka yang dinyatakan lulus administrasi sebelumnya," katanya kepada IDN Times, Senin (27/7/2020).

1. Pencairan subsidi UKT langsung ke rekening mahasiswa

5.671 Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang Terima Subsidi UKT Rp1 JutaIlustrasi Wisuda (IDN Times/Mardya Shakti)

Elis mengungkapkan, sejauh ini pihaknya mengandalkan bantuan Pemprov untuk meringankan beban UKT mahasiswa.

"Kita MoU bersama Pemprov melalui Dinas Pendidikan, setelah itu baru proses pencairan yang langsung ditransfer ke nomor rekening mahasiswa," ungkap dia.

Baca Juga: Mahasiswa Gigit Jari, Bantuan UKT Kampus di Bawah Kemenag Dibatalkan

2. Pencairan bantuan dilakukan dalam dua tahap

5.671 Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang Terima Subsidi UKT Rp1 JutaIlustrasi Wisuda (IDN Times/Mardya Shakti)

Kementerian Agama (Kemenag) semula berencana menyalurkan dana bantuan subsidi untuk dunia pendidikan di bawah naungannya. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menarik anggaran tersebut untuk penanganan COVID-19.

Nilainya tak sedikiit, yakni mencapai Rp2,6 triliun. Akibatnya, beberapa program Kemenag seperti bantuan UKT mahasiswa dibatalkan.

"Kita masuk dalam stimulus dari Gubernur dengan sistem pencairan dua tahap. Pertama, mahasiswa dibantu Rp500 ribu untuk satu semester dengan pencairan total Rp1 juta per orang," terang Elis.

3. Penyaluran stimulus melalui pengecekan dan verifikasi berkas

5.671 Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang Terima Subsidi UKT Rp1 JutaIlustrasi kuliah dari rumah. IDN Times/Arief Rahmat

Penyaluran dana tersebut, jelas Elis, telah melalui tahap verifikasi dan pemeriksaan berkas yang diajukan mahasiswa terdampak COVID-19. Mahasiswa harus memenuhi syarat dan lampiran dokumen yang mesti dilengkapi sesuai aturan berlaku.

"Untuk tahap kedua, mahasiswa kembali mengajukan berkas yang sama sebagai syarat pencairan pada semester selanjutnya," jelasnya.

4. UIN Raden Fatah belum memastikan jadwal perkuliahan tatap muka

5.671 Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang Terima Subsidi UKT Rp1 JutaIlustrasi Wisuda (IDN Times/Mardya Shakti)

Sementara itu terkait aktivitas perkuliahan normal tatap muka seperti awal, Elis masih belum bisa memastikan. Sebab saat ini kampus tengah melakukan proses penerimaan mahasiswa baru lewat jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (UMPTKIN).

"Jadwal tes UMPTKIN saja bergeser dan mundur, jadi belum tahu. Apalagi kita baru ada pergantian kepemimpinan rektor dari Pak Sirozi ke Ibu Prof Nyayu Khodijah pada Kamis kemarin (23/7/2020)," tandas dia.

Baca Juga: Mendikbud Keluarkan Aturan Resmi Soal Keringanan Bayar UKT, Apa Saja?

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya