1 Keluarga di Palembang Butuh 0,5 Liter Minyak Goreng dalam Sehari

Pemkot Palembang jual minyak murah hingga Selasa (8/3/2022)

Palembang, IDN Times - Distribusi minyak goreng yang terlambat membuat stok menipis bahkan mengalami kekosongan di sejumlah pasar tradisional, modern, maupun toko ritel.

Padahal menurut survei Dinas Perdagangan (Disdag) Palembang, kebutuhan minyak goreng minimal untuk satu keluarga mencapai 0,5 liter dalam sehari. Sedangkan distribusi rata-rata minyak per minggu tak sampai 2.000 liter.

"Wajar saja jika saat minyak mahal dan langka, menjadi persoalan besar di tengah masyarakat," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang, Ratu Dewa, Jumat (25/2/2022).

1. Tinjau langsung distributor minyak goreng untuk mencegah penimbunan

1 Keluarga di Palembang Butuh 0,5 Liter Minyak Goreng dalam SehariAntre minyak goreng di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Melihat kondisi tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang berjanji mencukupi kebutuhan minyak goreng bagi masyarakat. Langkah paling awal adalah menggelar operasi pasar dan menjual minyak goreng dengan harga murah.

"Meninjau langsung ke para distributor minyak goreng apakah ada potensi penimbunan. Kita terus sosialisasi soal minyak goreng ini kepada mereka," kata dia.

Baca Juga: Ada Minyak Goreng Murah di Rusun Palembang dan 4 Titik Lain 

2. Pasar murah 35 ribu liter minyak goreng membantu kebutuhan masyarakat

1 Keluarga di Palembang Butuh 0,5 Liter Minyak Goreng dalam SehariDalam Sehari Satu Keluarga di Palembang Butuh 0,5 Liter Minyak Goreng (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Operasi pasar minyak goreng di Palembang akan berlangsung selama satu minggu. Perdana, operasi pasar digelar di Kawasan 24 Ilir pada Kamis (24/2/2022) kemarin, dilanjutkan di Pasar Sekip hari ini (25/2/2022), dan beberapa lokasi lain hingga Selasa (8/3/2022).

"Dengan 35.000 liter untuk sepekan ke depan ini diharapkan bisa membantu masyarakat," timpalnya.

Baca Juga: 1.200 Paket Minyak Goreng Ludes dalam 5 Jam di Muba

3. Komunikasi intens antara produsen dengan distributor

1 Keluarga di Palembang Butuh 0,5 Liter Minyak Goreng dalam SehariAntre minyak goreng di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Dalam mengatasi kelangkaan, harus ada komunikasi intens antara produsen dan distributor. Pemkot sedang menyosialisasikan agar stok minyak goreng di gudang langsung terdistribusi ke pasar agar masyarakat tidak lama menunggu.

“Karena suplai ke pasaran aman, maka kita harus terus gerkomunikasi dengan Disperindag Provinsi dan distributor, sehingga lancarnya minyak goreng tidak hanya sebatas di operasi pasar saja,” jelas dia.

4. Daftar lokasi operasi pasar minyak goreng di Palembang

1 Keluarga di Palembang Butuh 0,5 Liter Minyak Goreng dalam SehariDalam Sehari Satu Keluarga di Palembang Butuh 0,5 Liter Minyak Goreng (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Berikut daftar lokasi operasi pasar penjualan minyak goreng di Palembang. Tiap orang dibatasi membeli 2 liter minyak goreng seharga Rp27.000.

- Kamis (24/2/2022) di Rusun 24 Ilir
- Jumat (25/2/2022) di Pasar Sekip Ujung
- Selasa (1/3/2022) di Pasar Maskarbet
- Rabu (2/3/2022) di Pasar Tangga Buntung
- Jumat (4/3/2022) di Pasar Km 5
- Senin (7/3/2022) di Pasar Padang
- Selasa (8/3/2022) di Pasar 3/4 Ulu.

Baca Juga: Minyak Goreng Kembali Langka, Palembang Tunggu Instruksi Pusat

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya