Komitmen Go Green, Hotel Santika Premiere Palembang Pasang Panel Surya

PLTS menambah brand value Hotel Santika Premiere Bandara

Palembang, IDN Times - Santika Indonesia Hotels & Resorts memasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di bagian atap Hotel Santika Premiere Bandara Palembang. Instalasi PLTS berkapasitas 318,5 kWp sejak November 2020 itu, menunjukkan Hotel Santika berkomitmen melaksanakan praktik environmental, social, and corporate governance (ESG).

Menurut Amanda Dian Sucia, Assistant Public Relations Manager Hotel Santika Premiere Bandara Palembang mengatakan, penggunaan PLTS membuktikan praktik bisnis yang berorientasi terhadap efisiensi sumber daya.

“Sebagai hotel dengan konsep family resort dengan 155 kamar, 7 meeting rooms, dan didukung fasilitas MICE, kami berharap komitmen ini menginspirasi bagi korporasi lainnya dalam misi penghematan energi," katanya melalui rilis yang diterima IDN Times, Senin (5/7/2021). 

1. Memenuhi kebutuhan operasional hotel

Amanda menjelaskan, konsep eco-friendly dan go-green telah diterapkan sejak November 2020. Tak cuma sebatas desain interior, tetapi Hotel Santika Premiere Palembang juga menerapkannya pada kegiatan operasional yang mendukung gaya hidup ramah lingkungan.

"PLTS di Hotel Santika Premiere Bandara Palembang membuktikan penggunaan energi terbarukan khususnya panel surya tidak hanya diminati oleh pemilik bangunan industri, namun juga kian diminati pemilik bangunan komersial seperti hotel maupun resort," jelasnya.

Baca Juga: Nikmati 100 Menu di Hotel Santika Premiere Bandara Palembang

2. Meningkatkan nilai perusahaan di mata masyarakat

Santika Indonesia Hotels & Resorts menggandeng Xurya Daya Indonesia sebagai mitra strategis instalasi PLTS Atap tanpa biaya investasi. Menurut George Hadi Santoso, VP Marketing Xurya Daya Indonesia, penggunaan PLTS Atap tak cuma menghemat biaya operasional tetapi menambah nilai perusahaan atau brand value.

"Penggunaan PLTS Atap juga dapat meningkatkan brand value, karena masyarakat menilai perusahaan tersebut telah mendukung gerakan peduli lingkungan. Kami sangat mengapresiasi green movement yang diambil oleh Hotel Santika Premiere Bandara Palembang," katanya.

George Hadi berharap, gerakan ramah lingkungan bisa terus dilanjnutkan ke seluruh jaringan Santika Indonesia Hotels & Resorts yang ada di seluruh Indonesia demi mempercepat program energi baru terbarukan.

"Hotel Santika Premiere Bandara Palembang mampu menghemat penggunaan energi sebesar 448.893 kWh setiap tahun, dan turut berkontribusi terhadap pengurangan emisi CO2 sebesar 419.266 kg. Nilai CO2 tersebut setara dengan jumlah yang dihasilkan dari konsumsi 117.173 liter bensin, atau perlu menanam 5.260 pohon untuk menyerap CO2," terangnya.

Baca Juga: Bandara SMB II Palembang Vaksinasi Penumpang dan Masyarakat

3. Modern tanpa melupakan unsur tradisional

Komitmen Go Green, Hotel Santika Premiere Palembang Pasang Panel SuryaHotel Santika Premiere Bandara Palembang. (instagram.com/santikapremierepalembang)

Hotel Santika Premiere Bandara (HSPB) Palembang menjadi salah satu akomodasi terbaik di Bumi Sriwijaya. Setelah menerapkan PLTS Atap yang modern, namun HSPB Palembang tetap berkombinasi dengan unsur traditional.

HSPB Palembang menyediakan 155 kamar yang dibagi empat tipe berbeda, yakni Deluxe Room, Executive Room, Premiere, dan Suites. Tiap kamar memiliki balkon.

Hotel yang berkonsep bisnis resort ini dilengkapi dengan Belida Restaurant, Santika Meeting Room, dan Baturaja Ballroom yang mampu menampung hingga 1250 orang. Ada juga swimming pool, gym area, kids zone, dan juice bar.

Baca Juga: Manfaatkan Tanaman Sawit, Muba Ingin Jadi Sentral Energi Terbarukan 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya