Kemenkominfo-Siberkreasi Ajak Warga OKI Belajar Investasi Online

#MakinCakapDigital 2022 menyasar warga dan komunitas

Ogan Komering Ilir, IDN Times - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi menggelar webinar, Rabu (19/10/2022). Rangkaian program “Indonesia Makin Cakap Digital 2022” digelar bagi warga Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) atau Sumatra Selatan (Sumsel) melalui aplikasi Zoom mulai pukul 10.00-12.00 WIB.

Samuel Abrijani Pangerapan, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kemenkominfo melalui rilis kepada IDN Times, Selasa (18/10/2022), menyebut webinar besok menarget kelompok masyarakat atau komunitas sebagai segmen utama.

“Webinar kali ini mengusung tema ‘Tips Dunia Digital: Belajar Investasi Online’. Acara ini digelar untuk meningkatkan literasi digital bagi masyarakat, seperti membangun wawasan dan pengetahuan terkait literasi digital,” ujarnya.

Baca Juga: Kemenkominfo-Siberkreasi Gelar Literasi Digital Influencer Marketing

1. Masyarakat harus beradaptasi dengan digitalisasi

Kemenkominfo-Siberkreasi Ajak Warga OKI Belajar Investasi OnlineLiterasi Digital Influencer Marketing. (Foto: Kemenkominfo)

Perkembangan teknologi yang pesat sejak pandemik COVID-19, mendorong masyarakat untuk berinteraksi dan beraktivitas di ruang digital. Teknologi digital tak bisa ditinggalkan dari bagian kehidupan bermasyarakat.

“Ini lah yang mempertegas kita sedang berada di masa percepatan transformasi digital. Percepatan penggunaan teknologi perlu diimbangi dengan peningkatan kapasitas literasi digital yang mumpuni, agar masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital dengan tepat guna,” jelasnya.

Baca Juga: Budaya Digital Membaik, Indeks Literasi Digital Indonesia Naik

2. Literasi digital masyarakat Indonesia membaik

Kemenkominfo-Siberkreasi Ajak Warga OKI Belajar Investasi OnlineLiterasi Digital Influencer Marketing. (Foto: Kemenkominfo)

Ia menerangkan, indeks literasi digital masyarakat Indonesia pada 2021 mencapai angka 3.49. Nilai tersebut sudah membaik ketimbang 2020 lalu yang berada di angka 3.46. Skor literasi digital masyarakat Indonesia didapat dari survei Kemenkominfo dengan Kata Data.

“Indeks kita pada 2021 berada pada level Sedang. Angka ini dihitung dari skor indeks empat pilar literasi digital seperti kecakapan digital, etika, budaya, dan keamanan digital. Kemenkominfo akan selalu meningkatkan skor tersebut,” tegasnya.

3. Kemenkominfo berkolaborasi dengan Siberkreasi

Kemenkominfo-Siberkreasi Ajak Warga OKI Belajar Investasi OnlineMenteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate (kominfo.go.id)

Kemenkominfo berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi di wilayah Sumatra dan sekitarnya, untuk meningkatkan literasi digital bagi masyarakat melalui program “Indonesia Makin Cakap Digital 2022”.

Program itu dilaksanakan untuk membangun wawasan dan pengetahuan terkait literasi digital dalam bentuk webinar, talkshow secara hybrid, serta special event penunjang kegiatan literasi digital dengan target penduduk di wilayah Sumatra dan sekitarnya, khususnya segmen kelompok masyarakat atau komunitas.

“Webinar besok menghadirkan Indiriyanto Banyum sebagai Direktur Eksekutif ICT Watch, Sukma Nurjagat sebagai Relawan MAFINDO Jakarta dan Praktisi Literasi Digital, serta Julita Hazeliana dari Komite Edukasi MAFINDO dan Praktisi Literasi Digital,” ungkapnya.

Samuel menjelaskan, masyarakat atau komunitas yang ingin bergabung dalam webinar diminta mendaftarkan diri melalui formulir elektronik di tautan bit.ly/PendaftaraanSumatra25040.

Baca Juga: Guru dan Murid di Sumsel Dapat Materi Literasi dan Keamanan Digital 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya