Buaya Terkam dan Mangsa Seorang Warga Banyuasin

Buaya sering memaksa manusia di perairan Sungsang

Banyuasin, IDN Times - Seekor buaya menerkam seorang pria bernama Joni (30) di Sungai Bungin, kawasan perairan Kecamatan Banyuasin II, Sumatera Selatan (Sumsel). Peristiwa naas itu terjadi pukul 08.00 WIB, Rabu (3/6).

Kejadian itu mengejutkan ayah korban, Asidin (58), karena buaya menerkam kaki dan menyeret Joni berlangsung di hadapan ayahnya. Padahal saat itu Asidin bersama Joni dan satu lagi anaknya sedang menyeberangi perairan Sungsang usai mengambil pohon nipah, demikian dikutip dari Antara.

1. Asidin ikut lompat ke sungai mengejar buaya yang menyeret anaknya

Buaya Terkam dan Mangsa Seorang Warga Banyuasinilustrasi buaya muara (IDN Times/Andri NH)

Dalam perjalanan pulang ke rumah, kaki Joni diterkam buaya yang memang sering terlihat di perairan itu. Joni sempat berteriak meminta tolong, tetapi buaya terus menariknya ke dalam sungai.

Asidin pun melompat ke sungai berupaya menyelamatkan anaknya, namun usahanya tidak membuahkan hasil. Ia pun segera berlabuh ke darat dan meminta bantuan masyarakat setempat lalu meneruskan informasi itu diteruskan ke aparat keamanan.

TIM SAR dari personel Posmat TNI AL Sungsang serta Pos Polisi Perairan dan Udara Sungsang bergerak menuju perairan Sungai Bungin pukul 14.00 WIB. Mereka dibantu warga mencari jasad Joni.

Baca Juga: BKSDA Agam Tambah Anggota Keluarga, 15 Ekor Bayi Buaya Muara Menetas  

2. Petugas melepas tembakan dua kali kek tubuh buaya

Buaya Terkam dan Mangsa Seorang Warga BanyuasinInduk Buaya Muara saat menjaga sarangnya dikawasan hutan Mangrove Nagari Tiku V Jorong, Kabupaten Agam. IDN Times/Andri NH

Setelah pencairan selama delapan jam, tim SAR dan warga baru menemukan buaya pukul 21.30. Buaya itu sedang menggigit tubuh Joni dengan posisi melintang. Tim kesulitan mengevakuasi Joni karena buaya itu melakukan perlawanan.

"Petugas harus memberikan tembakan ke arah badan buaya sebanyak dua kali, dan akhirnya buaya melepaskan korban lalu melarikan diri. Selanjutnya Tim SAR mengevakuasi korban," kata Komandan Pos Polisi Perairan dan Udara Sungsang, Brigadir Teguh Hari Susanto.

Baca Juga: Jika Harimau Bertarung dengan Serigala di Alam Liar, Mana yang Menang?

3. Buaya di perairan Sungsang kerap memangsa manusia

Buaya Terkam dan Mangsa Seorang Warga BanyuasinInduk Buaya Muara saat menjaga sarangnya dikawasan hutan Mangrove Nagari Tiku V Jorong, Kabupaten Agam. IDN Times/Andri NH

Kejadian kemarin bukan kali pertama. Terakhir, peristiwa serupa terjadi pada 9 Desember 2019. Korban juga tewas mengenaskan karena dimangsa oleh buaya muara yang cukup besar.

Warga di Banyuasin pun diingatkan agar lebih waspada saat beraktivitas di perairan Sungsang, mengingat sudah cukup sering kejadian serupa terjadi. Apalagi melakukan aktivitas di malam hari.

Baca Juga: 10 Kru Tugboat Batubara di Banyuasin Reaktif Rapid Test

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya