Jatuh Hati dengan Nusantara, Wartawan Ethiopia Sambangi Indonesia

Ada 4 wartawan yang akan ke Indonesia pada 23 Juni-2 Juli

Addis Ababa, IDN Times - Demi mempererat persahabatan antara Indonesia-Ethiopia, empat wartawan dari negara berjuluk “The Mother of Land” itu akan berkunjung ke Indonesia pada 23 Juni hingga 2 Juli nanti. Rencananya, mereka akan meliput berbagai perkembangan di Indonesia, khususnya bidang pariwisata dan sentra-sentra ekonomi kreatif Indonesia.

Keempat wartawan itu adalah Jerusalem Betsiha Gebrehiwot dan Mitiku Huluye Kebede dari Televisi ETV Language, Sisay Sahlu Nigatu dari surat kabar The Daily Monitor, dan Neamin Ashenafi Mammo dari surat kabar The Reporter.

1. Mempromosikan Indonesia kepada masyarakat Ehiopia

Jatuh Hati dengan Nusantara, Wartawan Ethiopia Sambangi IndonesiaDok. IDN Times/Istimewa

Menurut Duta Besar Republik Indonesia untuk Ethiopia, Djibouti, dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur, melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat Ethiopia merasa lebih dekat dengan Indonesia.

“Kunjungan tersebut dimaksudkan sebagai bagian dari kegiatan promosi Indonesia di Ethiopia melalui media pers dan meningkatkan pemahaman masyarakat Ethiopia terhadap Indonesia khususnya potensi di bidang ekonomi dan pariwisata”, kata Al Busyra melalui keterangan tertulis yang diterima IDN Times.

Baca Juga: Berkunjung ke Pabrik Indomie di Ethiopia

2. Empat wartawan tersebut akan keliling Indonesia

Jatuh Hati dengan Nusantara, Wartawan Ethiopia Sambangi IndonesiaDok. IDN Times/Istimewa

Selama di Indonesia, mereka akan berada di Bali, Lombok, dan Jakarta serta mengadakan wawancara dengan sejumlah pejabat dan tokoh terkait. Selain itu, Dewan Pers Indonesia juga akan menerima mereka pada 1 Juli 2019 untuk diskusi dan saling tukar pikiran.   

“Akhir-akhir ini media Ethiopia ramai memberikan tentang Indonesia, termasuk berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh KBRI Addis Ababa,” tambah mantan Direktur Diplomasi Publik, Kementerian Luar Negeri itu.

3. Banyak wartawan Ethiopia yang jatuh hati dengan Indonesia

Jatuh Hati dengan Nusantara, Wartawan Ethiopia Sambangi IndonesiaTwitter/Portal_Kemlu_RI

Berdasarkan pengakuan Al Busyra, tidak sedikit wartawan Ethiopia yang jatuh hati dengan Indonesia. Harapannya tentu mereka bisa lebih mencintai Indonesia ketika hadir langsung di Bumi Nusantara.

“Banyak sekali wartawan Ethiopia yang berkeinginan berkunjung ke Indonesia. Mereka sangat tertarik dengan berbagai perkembangan yang terjadi di Indonesia, terutama dibidang ekonomi, demokrasi dan toleransi”, tambahnya.

Baca Juga: Kebebasan Pers Terancam, Indonesia Berada di Peringkat 124

4. Ethiopia sempat menjadi tuan rumah World Press Freedom Day

Jatuh Hati dengan Nusantara, Wartawan Ethiopia Sambangi IndonesiaDok.IDN Times/Istimewa

Sebelumnya, pada 3 Mei 2019 lalu, World Press Freedom Day sempat terselenggara di Markas Uni Afrika yang berlokasi di Addis Ababa. Delegasi wartawan Indonesia bertemu dan berdiskusi dengan sejumlah wartawan Ethiopia. Al Busyra juga mengadakan pertemuan dengan sejumlah tokoh media pers Ethiopia untuk membahas berbagai peluang kerjasama yang akan dilakukan Indonesia dengan Ethiopia.

“Salah satu kegiatan yang sedang dirancang oleh KBRI Addis Ababa dan media pers Ethiopia saat ini adalah panel diskusi dikalangan wartawan dan tokoh media pers kedua negara, yang akan diselenggarakan di Addis Ababa”, tutup Duta Besar Al Busyra.

Baca Juga: Wartawan Ethiopia Ingin Tukar Pengalaman dengan Media di Indonesia

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya