Diresmikan Jokowi, Tol Pekanbaru-Dumai Punya 4 Terowongan Gajah Loh!

Biayanya mencapai Rp12,18 triliun

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah meresmikan Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 kilometer. Peresmian tol tersebut digelar melalui video conference pada Jumat (25/9/2020), untuk mencegah penyebaran COVID-19.

"Alhamdulillah pembangunan jalan Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131,5 km dengan biaya Rp12,18 triliun, telah rampung dan telah selesai," kata Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan langsung di channel YouTue Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Tol Trans-Sumatra Ditarget Rampung di 2022, Hutama Karya Butuh Rp51 T

1. Jalan Tol Pekanbaru-Dumai diharapkan bisa membuat masyarakat lebih produktif

Diresmikan Jokowi, Tol Pekanbaru-Dumai Punya 4 Terowongan Gajah Loh!Presiden Jokowi resmikan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai di Istana Kepresidenan Bogor pada Jumat (25/9/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi mengatakan usai diresmikan, jalan tol kini sudah bisa beroperasi penuh. Dia berharap dengan adanya jalan Tol Pekanbaru-Dumai bisa membuat masyarakat semakin produktif.

"Dapat dioperasikan secara penuh dan sudah bisa digunakan untuk mendukung kegiatan produktif, baik untuk masyarakat Riau maupun masyarakat yang melintasi Pulau Sumatra," ujar dia.

2. Jalan Tol Pekanbaru-Dumai diharapkan bisa meningkatkan konektivitas

Diresmikan Jokowi, Tol Pekanbaru-Dumai Punya 4 Terowongan Gajah Loh!Tol Pekanbaru-Dumai (Dok. Kementerian PUPR)

Jalan tol yang digarap PT Hutama Karya (Persero) ini masih menjadi bagian dari Tol Sumatra sepanjang 2.878 kilometer yang membentang dari Lampung hingga Aceh.

Menurut Jokowi, jalan tol ini akan meningkatkan konektivitas antara ibu kota Provinsi Riau dengan Kota Dumai.

"Sebagai kota pelabuhan dengan industri perminyakan dan agribisnis yang maju. Seperti yang tadi disampaikan, Gubernur Riau juga kawasan industri dan perkebunan lainnya," kata presiden.

3. Jokowi sebut jarak tempuh Pekanbaru-Dumai akan lebih singkat dengan jalan tol

Diresmikan Jokowi, Tol Pekanbaru-Dumai Punya 4 Terowongan Gajah Loh!Presiden Jokowi memimpin rapat terbatas pada Kamis (24/9/2020) di Istana Kepresidenan. Dok. Biro Pers Kepresidenan

Jokowi juga mengatakan, dengan adanya jalan tol ini, jarak tempuh Kota Pekanbaru-Dumai juga semakin singkat. Dari yang biasanya 200 kilometer melalui jalan nasional, kini bisa menjadi 131 kilometer dengan jalan tol.

"Dengan kondisi ini, truk-truk pengangkut sawit, pengangkut minyak, angkutan logistik, angkutan penumpang akan lebih efisien, baik dari segi waktu dan biaya," ucap dia.

4. Jalan Tol Pekanbaru-Dumai miliki underpass perlintasan gajah

Diresmikan Jokowi, Tol Pekanbaru-Dumai Punya 4 Terowongan Gajah Loh!Tol Pekanbaru-Dumai (Dok. Kementerian PUPR)

Melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 100 Tahun 2014 yang kemudian diamandemen dengan Perpres Nomor 117 Tahun 2015, pemerintah telah menugaskan PT Hutama Karya (Persero) untuk membangun Jalan Tol Trans-Sumatra (JTTS).

Terdapat 24 ruas yang akan dibangun dengan target penyelesaian dan operasional pada 2024. Tol Pekanbaru-Dumai menghubungkan Kota Pekanbaru dan Kota Dumai. 

Mengenai Tol Pekanbaru-Dumai ini, ada hal yang menarik dan tidak pernah ada di jalan tol lainnya. Terdapat empat terowongan atau underpass perlintasan gajah, sebagai bentuk harmonisasi infrastruktur dengan alam.

Terowongan gajah itu disiapkan dengan bentang 25 hingga 45 meter dan tinggi 5,1 meter, serta ditambah dengan tanaman hijau agar menyerupai habitat aslinya.

Terowongan ini dibangun di Seksi IV Kandis Utara–Duri yang melintasi Kawasan Suaka Margasatwa Balai Raja dan Siak Kecil. Kandis Utara-Duri merupakan koridor perlintasan Gajah Sumatra dengan jumlah populasi sekitar 50 ekor.

Baca Juga: Tol Trans-Sumatra Masih Butuh Rp386 T, Jokowi Tidak Mau Pakai APBN

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya