Bekarang Nangkul Iwak, Bupati Muba & Wakil Nyebur ke Danau Siarak

Tradisi tahunan masyarakat Batanghari Leko, Muba

Sekayu, IDN Times- Ratusan warga Desa Tanah Abang, Kecamatan Batanghari Leko Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), secara serentak beramai-ramai nyemplung ke Danau Siarak, Batanghari Leko, Minggu (29/9).

Bukan hanya warga, dua petinggi di Bumi Serasan Sekate itu, yakni Bupati Muba, Dodi Reza Alex, bersama wakilnya, Beni Hernedi turut nyebur ke danau tersebut. Ternyata, mereka berbaur dengan masyarakat untuk menangkul ikan bersama-sama di danau tersebut. Warga setempat menyebut tradisi tahun ini dengan sebutan Bekarang.

Dengan alat penangkap ikan berupa tangkul atau anco, Dodi dan Beni tak mau kalah gesit dari masyarakat untuk mendapatkan ikan yang ada di Danau Siarak tersebut.

1. Tradisi tahun warga Muba di Kecamatan Batanghari Leko

Bekarang Nangkul Iwak, Bupati Muba & Wakil Nyebur ke Danau SiarakIDN Times/ humas Pemkab Muba

Cuaca cerah pada Minggu pagi ini seolah memberi sinyal waktu yang tepat untuk menangkap ikan di Danau Siarak. Bupati Dodi Reza yang juga didampingi istri dan kedua anaknya, begitu juga Beni Hernedi, langsung turun ke danau untuk berebut ikan. 

"Bekarang ini tradisi sejak nenek moyang kita dulu. Harus kita jaga, ini juga jadi andil kita menjaga ekosistem di Sungai," ujar Dodi Reza saat membuka Kegiatan Bekarang dan Lomba Masak Serba Ikan, di Danau Siarak Desa Tanah Abang Kecamatan Batanghari Leko, Minggu (29/9).

2. Tradisi Bekarang jadi kampanye cara menangkap ikan tanpa merusak habitat perairan

Bekarang Nangkul Iwak, Bupati Muba & Wakil Nyebur ke Danau SiarakIDN Times/ humas Pemkab Muba

Dodi melanjutkan, tradisi Bekarang ini sekaligus kampanye mengajak masyarakat untuk menangkap ikan dengan cara yang benar dan tidak merusak habitat di perairan. 

"Meski Bekarang ini cara tradisional, tapi kita sudah berperan menjaga habitat sungai. Intinya menangkap ikan  meski dengan cara tradisional maupun modern yang penting tidak merusak ekosistem," ujar dia.

Baca Juga: Kain Jumputan Gambo Muba, Berinovasi Pakai Pewarna dari Limbah Gambir

3. Satu promosi wisata di Kabupaten Muba

Bekarang Nangkul Iwak, Bupati Muba & Wakil Nyebur ke Danau SiarakIDN Times/ humas Pemkab Muba

Sementara, Plt Kepala Dispopar Muba, Muhammad Fariz mengungkapkan, rangkaian kegiatan Bekarang 2019 ini juga sekaligus mempromosikan pariwisata yang ada di Muba khususnya Danau Siarak yang berada di Kecamatan Batanghari Leko. 

"Kita libatkan semua warga Muba, khususnya di Batanghari Leko. Alhamdulillah antusias warga sangat tinggi," ungkap dia.

Fariz menerangkan, Bekarang 2019 merupakan agenda rutin tahunan yang di gelar sekaligus mengajak warga Muba untuk Gemar mengonsumsi Ikan. "Dengan gemar makan ikan warga sehat dan terhindar dari ancaman stunting," terangnya.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya