Ulang Tahun ke-67, Presiden Rusia Vladimir Putin Daki Gunung Siberia

Vladimir Putin ditemani oleh Menteri Pertahanan Rusia

Moscow, IDN Times - Presiden Rusia Vladimir Putin, menghabiskan akhir pekan kemarin dengan mendaki pegunungan Siberia. Menurut Kremlin, ini adalah cara Putin untuk menyambut hari ulang tahunnya ke-67 tahun pada Senin (7/10) kemarin.

Dalam beberapa foto dan video yang dirilis oleh Kremlin, Putin tampak berelaksasi dengan berjalan-jalan di pegunungan yang dikelilingi oleh hutan-hutan. Lokasinya di kawasan Tuva yang berbatasan dengan Mongolia.

Baca Juga: Ketika Presiden Putin Gencar Mendekati Penganut Islam di Rusia

1. Putin ditemani Menteri Pertahanan Rusia

Ulang Tahun ke-67, Presiden Rusia Vladimir Putin Daki Gunung SiberiaPresiden Rusia Vladimir Putin terlihat saat liburannya di Siberia, Rusia, pada 6 Oktober 2019. ANTARA FOTO/Sputnik/Alexei Druzhinin/Kremlin via REUTERS

Putin tidak sendiri menikmati waktu liburnya. Ia rupanya ditemani oleh Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu. Keduanya terlihat memetik sejumlah jamur liar di sebuah titik yang juga memungkinkan untuk menikmati pemandangan Sungai Yenisei.

Baca Juga: Ulang Tahun, Putin Dapat Hadiah Anak Anjing

2. Putin dikenal suka menghabiskan waktu di alam liar

Ulang Tahun ke-67, Presiden Rusia Vladimir Putin Daki Gunung SiberiaPresiden Rusia Vladimir Putin dan Menteri Pertahanan Sergei Shoigu terlihat saat liburan di Siberia, Rusia, pada 6 Oktober 2019. ANTARA FOTO/Sputnik/Alexei Druzhinin/Kremlin via REUTERS

Bukan sekali ini saja Putin mengunjungi area tersebut. Sedangkan Shoigu sendiri adalah warga asli Tuva. Putin juga tidak asing dengan alam liar.

Ia sering dipotret sedang menikmati waktu di pegunungan, hutan, maupun kawasan bersalju. Salah satu yang paling populer adalah ketika dia menunggang kuda tanpa memakai atasan.

3. Shoigu dirumorkan sebagai penerus Putin

Ulang Tahun ke-67, Presiden Rusia Vladimir Putin Daki Gunung SiberiaPresiden Rusia Vladimir Putin terlihat saat liburannya di Siberia, Rusia, pada 6 Oktober 2019. ANTARA FOTO/Sputnik/Alexei Druzhinin/Kremlin via REUTERS

Shoigu merupakan salah satu orang dekat Putin dalam dunia politik. Ia dirumorkan menjadi kandidat kuat sebagai penerus Putin dan akan mencalonkan diri pada Pilpres Rusia pada 2024 mendatang.

Menurut konstitusi Rusia, periode ini adalah kesempatan terakhir Putin diizinkan menjabat sebagai presiden karena ia sudah dipilih untuk kedua kalinya pada Pilpres 2018 lalu.

4. Netanyahu mengucapkan selamat ulang tahun kepada Putin

Adapun pemimpin dunia yang secara terbuka sudah mengucapkan selamat ulang tahun kepada Putin adalah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Seperti yang dicuitkan akun resmi Kedutaan Besar Rusia di Israel, Netanyahu menelepon Putin untuk memberikan ucapan selamat. Putin membalas dengan mengucapkan selamat tahun baru Yahudi kepada Netanyahu dan seluruh warga Israel.

5. Putin pernah dapat hadiah anjing saat ulang tahun

Ulang Tahun ke-67, Presiden Rusia Vladimir Putin Daki Gunung SiberiaPresiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Kyrgyzstan Sooronbay Jeenbekov tertawa sambil menikmati makanan ringan di lapangan tembak Donguz di Daerah Orenburg, Rusia, pada 20 September 2019. ANTARA FOTO/Sputnik/Alexei Nikolsky/Kremlin via REUTERS

Salah satu momen ulang tahun Putin yang mendapat sorotan media adalah ketika mendapatkan hadiah anak anjing dari Presiden Turkmenistan, Gurbanguly Berdimuhamedov, pada 2017 lalu. 

"Saya membawa anjing Alabai untuk Anda hari ini. Namanya adalah Wepaly (Setia). Saya percaya ini adalah nama anjing yang  populer juga di Rusia. Alabai adalah maskot dari Asian [Indoor and Martial Arts] Games, yang kami selenggarakan baru-baru ini," ujar Berdimuhamedov.

Baca Juga: Putin Tertawa Saat Menterinya Usul Ekspor Babi ke Indonesia

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya