Cegah Virus Corona, Austria Larang Pertemuan Lebih dari 5 Orang

Polisi akan patroli bubarkan kumpulan orang

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Austria membatasi pergerakan warganya untuk mencegah penularan virus corona atau COVID-19 di negara itu. Hanya ada tiga alasan bagi warga meninggalkan rumah yakni karena pekerjaan penting, pembelian penting seperti makanan, dan membantu orang lain.

Pemerintah Austria mendesak warganya untuk mengisolasi diri, serta membatasi warga asing yang memasuki negara itu. Orang-orang boleh pergi "hanya sendirian atau dengan orang-orang yang tinggal dengan mereka di apartemen mereka," kata Kanselir Austria Sebastian Kurz seperti dilansir independent.co.uk, Minggu (15/3).

1. Provinsi Tyrol lockdown akibat virus corona

Cegah Virus Corona, Austria Larang Pertemuan Lebih dari 5 OrangProvinsi Tyrol, Austria (Google Map)

Pernyataan Kurz datang tak lama setelah gubernur Provinsi Tyrol mengumumkan lockdown untuk wilayah Alpine. Tyrol adalah wilayah Alpine yang populer dengan pemain skinya, berbatasan dengan Italia utara dan merupakan salah satu daerah yang paling parah dilanda virus corona di Austria.

Austria, negara berpenduduk delapan juta orang itu, telah memastikan 800 orang terinfeksi virus corona dan satu kasus kematian. Pada Kamis (12/3) lalu, Austria mengumumkan kematian pertama kasus virus asal Wuhan, Tiongkok itu.

Austria juga melarang masuk bagi warga asing dari Inggris, Belanda, Rusia, dan Ukraina. Orang-orang yang bepergian dari negara-negara dalam daftar larangan itu hanya dapat masuk Austria jika mereka melakukan karantina rumah selama dua minggu, setelah memasuki Austria atau memiliki sertifikat kesehatan.

Cegah Virus Corona, Austria Larang Pertemuan Lebih dari 5 OrangIDN Times/Sukma Shakti

Baca Juga: Dijuluki Desa Terindah di Dunia, Ini 6 Pesona Alam Hallstatt, Austria

2. Aturan baru ini akan mulai berlaku pekan ini

Cegah Virus Corona, Austria Larang Pertemuan Lebih dari 5 OrangSebastian Kurz (politico.eu)

Kurz mengatakan kebijakan ini akan mulai berlaku sejak Senin (16/3). Sementara restoran diperintahkan ditutup mulai sehari kemudian. Pembatasan baru memasuki negara itu juga akan berlaku.

"Orang Austria dipanggil untuk mengisolasi diri mereka sendiri," kata Kurz seperti dilansir reuters.com. "Itu berarti hanya melakukan kontak sosial dengan orang-orang yang tinggal dengan mereka," lanjut dia.

Kurz menjelaskan pertemuan lebih dari lima orang itu hanya akan diizinkan untuk kegiatan yang melayani kasus wabah virus corona. Polisi ditempatkan di taman bermain dan di luar rumah mulai Minggu (15/3), dan mereka akan membubarkan warga yang berkumpul dalam jumlah banyak.

3. Eropa menjadi episentrum baru virus corona

Cegah Virus Corona, Austria Larang Pertemuan Lebih dari 5 Orang(Google Map)

Beberapa negara di Eropa mengambil langkah-langkah untuk mencegah penyebaran virus corona di negaranya, seperti peningkatan pemeriksaan di perbatasan dan membatasi warga ke tempat keramaian. Seperti Norwegia, yang telah menutup sekolah dan akan menutup bandara.

Pemerintah Slovenia telah mengumumkan penutupan semua transportasi umum. Menteri transportasi Italia juga telah menandatangani sebuah dekrit yang melarang penumpang naik feri ke Sardinia, sebuah pulau besar di Mediterania.

https://www.youtube.com/embed/2BlyV2Dv894

Baca Juga: Italia Ancam Denda dan Bui Warganya yang Langgar Aturan Lockdown

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya