Comscore Tracker

5 Jenis Seleksi Masuk Perguruan Tinggi di Dunia, Ada yang 1 Abad Lebih

Yuk, ketahui!

Pelajar yang sudah lulus Sekolah Menengah Atas (SMA) dan ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi, masih harus mengikuti ujian seperti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri SBMPTN. 

Namun tak hanya di Indonesia yang mengharuskan calon mahasiswa mengikuti ujian seleksi, karena beberapa negara di dunia juga melakukan hal sama. Berikut ini beberapa tes masuk perguruan tinggi dari beberapa negara.

1. SAT

5 Jenis Seleksi Masuk Perguruan Tinggi di Dunia, Ada yang 1 Abad Lebihpexels/Louis Bauer

SAT merupakan ujian masuk yang harus dilalui di Amerika Serikat. Ujian ini memiliki empat bagian utama yaitu ujian membaca, bahasa dan tulis menulis,matematika (tanpa kalkulator), dan ujian matematika (dengan kalkulator).

Baca Juga: Pertama dalam Sejarah, Masuk Polsri Palembang Tanpa Tes Tertulis

2. Suneung (CSAT)

5 Jenis Seleksi Masuk Perguruan Tinggi di Dunia, Ada yang 1 Abad Lebihpexels/Jeswin Thomas

Seneung atau CSAT (College Scholastic Ability Test) merupakan ujian masuk universitas dari Korea Selatan. Materi yang diuji berdasarkan buku-buku pelajaran berstandar nasional di sana, yang dirancang untuk melatih kemampuan berpikir.

Beberapa pelajaran yang diuji dalam tes ini adalah bahasa nasional, matematika, bahasa Inggris, dan bahasa asing. Setelah selesai, peserta masih harus mengikuti ujian ilmu sosial, ilmu pengetahuan alam, dan ujian keterampilan untuk memilih jurusan.

3. Matura

5 Jenis Seleksi Masuk Perguruan Tinggi di Dunia, Ada yang 1 Abad Lebihpexels/Burst

Matura merupakan ujian masuk perguruan tinggi yang digunakan oleh beberapa negara di Eropa. Seperti Albania, Bulgaria, Republik Ceko, Hungaria, hingga Italia.

Meski beberapa negara menerapkan ujian ini, namun pelajaran yang diuji akan berbeda-beda. Misalnya institusi di Republik Ceko menguji Bahasa Ceko dan Literatur Asing, seperti Inggris, Jerman, Rusia, Spanyol atau Prancis.

Baca Juga: 10 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik Tahun 2019/2020 Versi Ristekdikti

4. Gaokao

5 Jenis Seleksi Masuk Perguruan Tinggi di Dunia, Ada yang 1 Abad Lebihpexels/Todoran Bogdan

Gaokao adalah ujian masuk perguruan tinggi berstandar nasional dari Cina. Ujian ini sebenarnya mirip dengan SBMPTN di Indonesia, karena para murid yang sudah lulus SMA harus melakukan tes pada mata ujian wajib. Berupa Sastra Cina, Matematika, dan Bahasa Inggris.

5. Baccalaureat

5 Jenis Seleksi Masuk Perguruan Tinggi di Dunia, Ada yang 1 Abad Lebihpexels/Andrea Piacquadio

Baccalaureat merupakan seleksi akademis dari Prancis. Baccalaureat pertama kali diperkenalkan oleh Napoleon Bonaparte pada 1908 silam dengan tiga tipe ujian. Yakni the baccalaureat general (general baccalaureate), the baccalaureat professionnel (professional bacca laureate), dan the baccalaureat technologique (tehcnological baccalaureate).

Demikian lima jenis ujian seleksi masuk perguruan tinggi di dunia. Buat kamu yang ingin melanjutkan studi setelah SMA, siap-siap menjalani tes. Semoga sukses!

Baca Juga: Tak Perlu Datang, 5 Kampus di Luar Negeri Sediakan Fitur Virtual Tour!

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya