Imbas Tiket Pesawat Naik, Pelabuhan Boom Baru kebanjiran Penumpang

Naik 12,87 persen dari tahun sebelumnya

Palembang, IDN Times - Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan KSOP Kelas II Palembang mengklaim, terjadi kenaikan jumlah penumpang selama mudik lebaran 2019 lalu dari tanggal 21 Mei hingga 21 Juni.

Baca Juga: Kejar Target, Beberapa Ruas Jalan di Sumsel Masih Banyak yang Rusak 

1. Jumlah penumpang mencapai 17.000 orang

Imbas Tiket Pesawat Naik, Pelabuhan Boom Baru kebanjiran PenumpangIDN Times/Rangga Erfizal

Menurut Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Palembang, Mugen Sartoto, kenaikan jumlah penumpang dalam sebulan terakhir meningkat mencapai 17.000 penumpang.

"Jumlah penumpang di pelabuhan Boom Baru Palembang saat ini mencapai sekitar 17.000 orang. Jumlah itu untuk penumpang yang naik dari Boom Baru - Muntok 7.149, sebaliknya dari Muntok - Boom Baru Palembang 9.586 penumpang," ujarnya.

2. Kenaikan jumlah penumpang di luar prediksi.

Imbas Tiket Pesawat Naik, Pelabuhan Boom Baru kebanjiran PenumpangIDN Times/Rangga Erfizal

Mugen mengungkapkan, tahun sebelumnya atau 2018 penumpang yang naik dari Pelabuhan Boom Baru hanya mencapai 14.924  orang. Jika ditotal dalam persentase, kenaikan penumpang mencapai 12,87 persen.

"Ada kenaikan mencapai 12,87 persen. Memang cukup signifikan. Sebab secara nasional diprediksi kenaikan tahun ini sekitar 4,8 persen. Diluar prediksi kita dapat mencapai kenaikan 12,87 persen," ungkap dia.

3. Pelabuhan Boom Baru siagakan tiga armada

Imbas Tiket Pesawat Naik, Pelabuhan Boom Baru kebanjiran PenumpangIDN Times/Rangga Erfizal

Baca Juga: Amankan Arus Mudik, 30 Sniper Disiagakan di Jalintim-Jalinteng Sumsel

Mugen melanjutkan, melonjaknya jumlah penumpang kapal disebabkan oleh faktor naiknya tiket pesawat. Berkaca pada situasi tersebut, maka Pelabuhan Boom Baru menyediakan tiga armada untuk mengangkut penumpang yang mengalami lonjakan.

"Mahalnya tiket pesawat jadi salah satu faktor. Selain itu penumpang kapal yakin ketersediaan angkutan laut tahun ini cukup memadai. Tanggal 31 Mei 2, 3 Juni lalu keberangkatan meningkat dari hari biasa. Sedangkan untuk di pelabuhan Tanjung Api-Api juga terjadi peningkatan signifikan yang mencapai total 27.850 penumpang untuk tahun 2019. Selama lebaran ini yang jelas ada 10 armada di sana," ujar dia.

4. Arus mudik-balik lebaran minus hambatan

Imbas Tiket Pesawat Naik, Pelabuhan Boom Baru kebanjiran PenumpangIDN Times/Rangga Erfizal

Selain meningkatnya jumlah penumpang, Mugen juga bersyukur, tidak ada kendala selama proses libur lebaran hingga penutupan hari ini.

"Alhamdulilah lancar, cuaca tidak ada yang serius sehingga dapat diberangkatkan semua dan tidak ada insiden apapun. Kalaupun ada kerusakan mesin, langsung bisa di cover. Kecelakaan gak ada, penundaan juga ada. Semua aman terkendali,"  tandasnya.

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya