Guru SD Brigadir J Mengenang Sosok Anak Sekolah yang Sopan dan Pintar

Guru SD 74 Suka Makmur menyebut mendiang sebagai anak patuh

Palembang, IDN Times - Belasan pelajar beserta para guru Sekolah Dasar (SD) 74 di Desa Suka Makmur, Kecamatan Sungai Bahar, Kabupaten Muaro Jambi, mendatangi kediaman orangtua Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Mereka hadir untuk menyampaikan ucapan belasungkawa kepada perwakilan pihak keluarga. Dengan mata sembab dan tubuh yang lemas, Rosti Simanjuntak sebagai ibu Brigadir J menemui tamu yang datang.

"Kita tahu Yosua (Brigadir J) ini adalah salah satu murid kita dan salah satu yang terbaik di sekolah kita," ungkap Kepala SD 74, Muntar Simatupang kepada IDN Times, Senin (18/7/2022).

Baca Juga: Adik Kandung Brigadir J Pernah Diminta Tanda Tangani Dokumen

1. Korban bersikap sopan kepada seluruh guru di sekolah

Guru SD Brigadir J Mengenang Sosok Anak Sekolah yang Sopan dan PintarSuasana rumah duka Brigadir J (IDN Times/Rangga Erfizal)

Ibu korban Rosti Simanjuntak merupakan seorang pengajar di SD 74 Suka Makmur. Brigadir J pernah bersekolah di sana pada 2001-2006. Brigadir J merupakan anak yang cukup aktif di sekolah.

"Anaknya sopan. Walau saya terbilang baru di sini, tapi dia sangat sopan kepada semua guru dan rekan ibunya. Ketika pulang ke Jambi selalu menyempatkan diri main ke ruang guru," jelas dia.

Baca Juga: Keluarga Brigadir J Tunjuk Pengacara Dampingi Cari Keadilan

2. Kerap video call dengan orangtua dan guru di sekolah

Guru SD Brigadir J Mengenang Sosok Anak Sekolah yang Sopan dan PintarSuasana rumah duka Brigadir J (IDN Times/Rangga Erfizal)

Tak sampai di sana, kenangan terhadap Brigadir J dianggap berkesan karena korban dianggap sebagai murid terbaik yang berhasil menembus Korps Bhayangkara. Anaknya yang mudah bergaul turut menjadi cerita para guru di sana.

"Bahkan terakhir sempat video call kita. Dia menanyakan bagaimana kabar sekolah dan guru-guru di sini," jelas dia.

3. Brigadir J juga dianggap murid teladan

Guru SD Brigadir J Mengenang Sosok Anak Sekolah yang Sopan dan PintarSuasana rumah duka Brigadir J (IDN Times/Rangga Erfizal)

Seorang guru korban, Sukarni, juga mengenang bagaimana seorang siswa teladan yang dimiliki sekolahnya seperti Yosua. Meski tak terlalu menonjol secara akademis, mendiang dikenal sebagai orang yang tak pernah putus asa dalam mengejar cita-cita.

"Anaknya rajin, pintar, dan disiplin. Untuk prestasi selalu masuk lima besar," ungkap dia.

Dirinya pun membenarkan cerita sang kepala sekolah jika Brigadir J sebagai anak yang baik dan sopan dalam bergaul, termasuk bersikap kepada orang yang lebih tua.

"Meski dia jadi pejabat tinggi (polisi), dia tetap anak yang sopan, hormat kepada orang yang lebih tua termasuk guru-gurunya. DIa kalau berpapasan di jalan selalu turun untuk menyalami kami para guru," tutup dia.

Baca Juga: Paman Brigadir J Meninggal di Rumah Duka karena Tak Kuasa Menahan Pilu

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya