1 Handphone dan Laptop Asus Brigadir J Belum Ditemukan

Penyidik sita satu iPhone 13 ProMax yang bukan milik Yosua

Jambi, IDN Times - Keluarga Brigadir Nofrianyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J mengklaim masih banyak barang-barang milik korban yang belum kembali. Beberapa barang tercatat digunakan tim penyidik Mabes Polri untuk keperluan penyidikan, namun beberapa lagi tak jelas rimbanya.

"Kita mencatat ada 10 atau 11 barang yang belum dikembalikan. Bahkan Al-Kitab pribadinya pun tidak ada. Selain itu ada barang elektronik yang hilang," ungkap Rohani Simanjuntak, bibi Brigadir J kepada IDN Times, Minggu (31/7/2022).

Baca Juga: Keluarga Brigadir J Ungkap Kedekatan Mereka dengan Istri Ferdy Sambo

1. Penyidik hanya simpan dua handphone korban

1 Handphone dan Laptop Asus Brigadir J Belum DitemukanBarang pribadi milik Brigadir Nofrianyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J di rumah orang tuanya di Sungai Bahar Jambi (IDN Times/Rangga Erfizal)

Rohani menjelaskan, barang-barang elektronik yang diketahui keluarga belum ditemukan yakni dua handphone dan satu laptop. Sedangkan pihak penyidik hanya memberikan informasi jika handphone milik korban hanya ada dua unit. Sedangkan laptop tidak ditemukan di daftar penyitaan barang bukti.

"Jadi penyidik hanya menunjukan dua handphone Yosua. Satu lagi mereka gak tahu. Sepengetahuan kami keluarga, handphone Yosua ada tiga. Kita pun hanya diberitahu lewat foto. Bisa jadi handphone tersebut bukan milik Yosua," ungkap dia.

Baca Juga: Vera Kekasih Brigadir J Bantah Resign; Hanya Berhenti Kerja Sementara 

2. Keluarga tak tahu Yosua beli handphone baru

1 Handphone dan Laptop Asus Brigadir J Belum DitemukanApel Persada atau upacara pemakaman Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J usai autopsi ulang di RSUD Sungai Bahar, Muaro Jambi, Provinsi Jambi, Rabu (27/7/2022). (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Barang elektronik yang diduga tidak ditemukan oleh penyidik adalah laptop jenis Asus, serta dua buah handphone Samsung S8 dan android berwarna merah. Penyidik hanya menyampaikan ke pihak keluarga jika handphone yang mereka pegang saat ini masih dalam proses penyidikan.

"Satu lagi handphone iPhone 13 Promax milik Yosua dalam keterangan penyidik. Tapi penyidik memberitahu barangnya ada dua iPhone 13 Promax. Berwarna grey dan Brown. Setahu kami iPhone dia satu, Samsung satu, dan android merah satu," jelas dia.

Keluarga mendesak handphone Yosua harusnya dicari penyidik untuk menjadi barang bukti. Menurutnya, kedua gawai penting terkait kasus dugaan pembunuhan dan ancaman yang membuat korban curhat dengan pacarnya.

"Makanya kita bingung kok iPhone semua hapenya," jelas dia.

Baca Juga: Terkuak Saat Autopsi, Otak Brigadir J Berpindah ke Bagian Perut 

3. Barang Yosua dikembalikan setelah keluarga meminta

1 Handphone dan Laptop Asus Brigadir J Belum DitemukanRumah kediaman keluarga Brigpol Nofriansyah Yosua Hutabarat di Desa Suka Makmur, Kecamatan Sungai Bahar, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi (IDN Times/Rangga Erfizal)

Barang pribadi milik Yosua di Jakarta telah dikembalikan penyidik ke kediaman orangtua di Kecamatan Sungai Bahar, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi. Barang-barang itu dikembalikan setelah Kapolda Jambi. Irjen Pol A Rachmad Wibowo, menanyakan perihal permintaan keluarga.

"Ternyata semua sudah di-packing penyidik, jadi Kapolda Jambi hanya memerintahkan AKP Nababan untuk mengambil barang Yosua dan dibawa ke sini," tutup dia.

Baca Juga: Mengenal Sungai Bahar Tempat Lahir Brigadir J di Jambi

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya