Simpatisan Rizieq Bubar, Akses Menuju Bandara Soetta Masih Lumpuh

Bandara lumpuh, penumpang bisa refund dan reschedule tiket

Tangerang, IDN Times - Usai Rizieq Shihab keluar dari pintu Kedatangan Internasional Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (10/11/2020), massa langsung membubarkan diri.

Massa kembali berkonvoi untuk dapat keluar dari area bandara dengan berjalan kaki. Sebab, tak ada kendaraan umum yang ada di Terminal 3 lantaran lalu lintas yang lumpuh.

Pantauan di lokasi, banyak calon penumpang yang ketinggalan pesawat lantaran tertahan di area Tol Ir. Soedyatmo yang lumpuh akibat banyaknya kendaraan simpatisan yang parkir di jalan menuju Bandara Soekarno-Hatta.

1. Pengelola Bandara Soekarno-Hatta persilakan calon penumpang refund atau reschedule penerbangan

Simpatisan Rizieq Bubar, Akses Menuju Bandara Soetta Masih LumpuhIlustrasi physical distancing di Bandara Soekarno-Hatta (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

PT Angkasa Pura II mengatakan, penumpang yang memiliki tiket keberangkatan dari Bandara Soekarno-Hatta hari ini dapat melakukan reschedule dan juga refund.

"Adapun maskapai yang telah mengkonfirmasi dapat dilakukannya rescheduled atau refund adalah Lion Air, Batik Air, Garuda Indonesia dan Citilink," ujar Plt. Senior Manager Branch & Communication Bandara Soekarno-Hatta, Haerul Anwar.

Haerul menuturkan, koordinasi telah dilakukan dengan para stakeholder termasuk maskapai. Kebijakan ini diambil untuk mengantisipasi agar penumpang bisa melakukan perjalanan tepat waktu.

"Kebijakan maskapai ini sebagai langkah antisipasi agar penumpang pesawat dapat tetap melakukan perjalanan di waktu yang berbeda," katanya.

 

Baca Juga: [BREAKING] Simpatisan Rebutan Sentuh Rizieq Shihab di Terminal 3

2. Calon penumpang yang ingin refund dan reschedule dibebaskan biaya

Simpatisan Rizieq Bubar, Akses Menuju Bandara Soetta Masih LumpuhIlustrasi Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) (Dok. Angkasa Pura II)

Sementara itu, maskapai Garuda Indonesia membebaskan biaya penyesuaian jadwal penerbangan maupun refund tiket bagi penumpang yang terdampak kondisi kemacetan akses menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada pagi hari ini.

"Kami sepenuhnya mengerti kekhawatiran yang dialami penumpang. Untuk itu, Garuda Indonesia berkomitmen untuk selalu hadir bersama seluruh penumpang dengan menghadirkan sejumlah solusi bagi penumpang yang terdampak imbas kemacetan akses menuju bandara," ujar Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra.

3. Calon penumpang dapat alihkan ke jadwal keberangkatan selanjutnya

Simpatisan Rizieq Bubar, Akses Menuju Bandara Soetta Masih LumpuhLivery masker pesawat Garuda Indonesia (Dok.Garuda Indonesia)

Adapun bagi para penumpang yang masih harus melanjutkan perjalanannya kami juga mempersiapkan opsi pengalihan jadwal keberangkatan ke penerbangan selanjutnya.

"Penerapan kebijakan fleksibilitas penyesuaian jadwal dan refund tiket tentunya mengacu pada ketentuan yang berlaku," tutur Irfan.

Baca Juga: Rizieq Pulang, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Sekitar Petamburan

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya