Polda Lampung: Penusuk Syekh Ali Jaber tak Alami Gangguan Jiwa

Tersangka secara sadar mampu menjawab pertanyaan psikiater

Bandar Lampung, IDN Times – Polda Lampung sudah memeriksa 15 saksi terkait insidenpenusukan pendakwah Syekh Ali Jaber dilakukan tersangka Alfin Andrian (24). Keterangan 15 saksi ini guna melengkapi berkas agar segera dilimpahkan ke Jaksa Penuntut Umum (JPU). Penyidik juga sudah gelar perkara, Selasa (15/9/2020) malam.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, menyatakan, dari hasil pemeriksaan saksi, tersangka tidak mengalami gangguan jiwa. Itu karena, tersangka secara sadar mampu menjawab pertanyaan dari psikiater.

“Berdasarkan pemeriksaan, tersangka melakukan penusukan karena gelisah atas dakwah yang disampaikan Syekh Ali Jaber. Tersangka ini mengaku jika suara dakwah yang berlangsung itu membuatnya gelisah dan langsung melakukan tindakan (penusukan)," ujar Pandra sapaan akrab pria ini, Rabu (16/9/2020).

Ia menambahkan, tersangka melakukan penusukan tanpa disuruh orang lain. "Tidak ada disuruh oleh pihak lain dan memang tergerak sendiri," tegasnya.

1. Dijerat pasal percobaan pembunuhan berencana

Polda Lampung: Penusuk Syekh Ali Jaber tak Alami Gangguan JiwaKabid Humas Polda Lampung, Zahwani Pandra Arsyad memberikan keterangan kepada awak media usai konferensi pers di Kantor Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Lampung, Kamis (13/8/2020). (IDN Times/ Martin L Tobing)

Penyidik Polresta Bandar Lampung saat ini sudah mengirimkan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) ke Kejaksaan Negeri Bandar Lampung. Pandra menerangkan, surat itu sudah dikirim oleh Satreskrim Polresta Bandar Lampung, Selasa (15/9/2020). 

Dari hasil gelar perkara, tersangka dijerat pasal 340 jo 53 KUHP tentang Percobaan Pembunuhan Berencana dengan ancaman pidana maksimal hukuman mati atau penjara seumur hidup selama waktu tertentu atau 20 tahun.

Selanjutnya pasal 338 jo 53 KUHP dengan ancaman kurungan maksimal 10 tahun penjara dan subsider pasal 351 ayat 2 KUHP jika perbuatan mengakibatkan luka-luka berat, yang bersalah diancam dengan pidana paling lama 5 tahun.

Lalu pasal 2 ayat 1 UU Darurat No 12 Tahun 1951 atas dugaan membawa senjata penikam atau senjata penusuk yang dapat dikenai ancaman pidana paling lama 10 tahun. "Dijerat pasal berlapis agar tidak ada celah hukum lagi bagi pelaku ini lepas dari jeratan hukum," jelas Pandra.

Baca Juga: Alfin Andrian Tersangka Penusukan Syekh Ali Jaber Hanya Lulusan SD

2. Kejari Bandar Lampung sudah tunjuk jaksa untuk penyidikan kasus

Polda Lampung: Penusuk Syekh Ali Jaber tak Alami Gangguan JiwaAlfin Andrian (24) tersangka penusukan Syekh Ali Jaber saat diperiksa penyidik Satreskrim Polresta Bandar Lampung, Selasa (15/9/2020). (IDN Times/Martin L Tobing)

Kepala Seksi Intelijen Kejari Bandar Lampung, Erik Yudistira, menerangkan, sudah menerima SPDP dengan nomor SPDP/228/IX/2020/Reskrim atas perkara penusukan Syekh Ali Jaber. Pihaknya telah menunjuk jaksa untuk mengikuti perkembangan penyidikan kasus tersebut.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, menerangkan, penyidik Polresta Bandar Lampung mengirimkan SPDP ke Kejari Bandar Lampung bentuk mekanisme dalam proses penyidikan.

“Penyidik wajib memberikan SP2HP (Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan). Jadi ini diberikan saksi pelapor dari hasil penyidikan," imbuhnya. 

3. Polda Lampung menyatakan kabar tersangka bebas hoaks

Polda Lampung: Penusuk Syekh Ali Jaber tak Alami Gangguan JiwaFacebook/Iwans Yanah Khan

Beredar narasi di media sosial menyatakan tersangka penusukan Syekh Ali Jaber yaitu Alfin Andrian (24) dinyatakan bebas. Kabar ini membuat netizen heboh.

Merujuk foto beredar di media sosial, Alfin terlihat bersimpuh di hadapan sang ayah. "Astaghfirullah pelaku penusukan Syekh Ali Jaber sudah bebas bersyarat, merasa aneh," tulis narasi keterangan foto yang diunggah akun Facebook Iwans Yanah Khan tersebut.tersebut.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, saat dikonfirmasi menyatakan, informasi di media sosial terkait status tersangka Alfin bebas adalah kabar bohong alias hoaks. Ia memastikan saat ini tersangka masih berada di tahanan dan menjalani pemeriksaan oleh penyidik di Mapolresta Bandar Lampung.

"Tolong diluruskan bahwa yang beredar di sosmed itu hoaks. Kemungkinan foto tersebut diambil saat Alfin baru saja diamankan polisi,” ujarnya.

Baca Juga: Tersangka Penusukan Syekh Ali Jaber Bebas? Ini Kata Polisi

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya