Erick Thohir, Pengusaha yang Sukses Bawa Jokowi Menangkan Pilpres 2019

Pendiri Mahaka Group ini diprediksi duduki kursi menteri

Jakarta, IDN Times - Sosok Erick Thohir semula dikenal sebagai pebisnis sukses Indonesia yang malang melintang di dunia media. Namanya pun sempat booming lantaran menjadi pemegang saham klub bola legenda asal Italia, Inter Milan.

Namun belakangan, selain fokus di dunia bisnis, Erick Thohir juga berkutat di dunia politik. Sejak terpilih menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko 'Jokowi' Widodo-Ma'ruf Amin, Erick juga marak diberitakan media. 

Bahkan, kabar terkini menyebutkan pendiri Mahaka Group ini digadang-gadang sebagai salah satu sosok yang dipertimbangkan Jokowi mengisi kursi menteri di kabinetnya.

Berikut rekam jejak Erick Thohir yang dirangkum IDN Times.

1. Dipilih langsung oleh Jokowi untuk menangkan dirinya di Pilpres 2019

Erick Thohir, Pengusaha yang Sukses Bawa Jokowi Menangkan Pilpres 2019IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Joko "Jokowi" Widodo dan Ma'ruf Amin memilih Erick Thorir sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) pada masa kampanye Pemilihan Presiden beberapa waktu lalu. Bahkan, Jokowi yang mengumumkan secara langsung penunjukkan Erick dalam konferensi pers yang diadakan di Posko Cemara, pusat pemenangan Jokowi-Ma'ruf.

Jokowi menilai sosok Erick Thohir memiliki kompetensi yang luar biasa. Hal tersebut terbukti dengan suksesnya penyelenggaraan Asian Games 2018 yang juga diketuai oleh Erick. Sepak terjangnya dalam dunia bisnis juga dinilai oleh Jokowi sebagai prestasi besar yang dimiliki Erick.

2. Tinggalkan Inter Milan dan DC United saat fokus sebagai Ketua TKN

Erick Thohir, Pengusaha yang Sukses Bawa Jokowi Menangkan Pilpres 2019IDN Times

Erick merupakan Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games Indonesia 2018 (Inasgoc). Gelaran Asian Games ke-18 ini terbilang sukses karena tanpa ada hambatan besar yang mengganggu, apalagi dengan upacara pembukaan yang berhasil menarik perhatian dunia. Hal ini tentu saja membuat nama Erick Thohir menjadi sorotan dunia.

Erick juga sempat tercatat sebagai pemilik saham dan presiden klub bergengsi asal Italia, Inter Milan. Namun pada Oktober 2018, Erick meninggalkan jabatan presiden Inter Milan dan digantikan Steven Zhang. Meninggalkan Inter diakui Erick berat, tapi mesti diambilnya.

Keputusan berat meninggalkan posisi presiden Inter diambil Erick karena ingin lebih fokus sebagai ketua tim kampanye nasional (TKN) Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. 

"Terus terang, ini (meninggalkan posisi presiden Inter) keputusan yang berat. Namun jika dikaitkan dengan komitmen sebagai Ketua TKN, hal ini harus diambil agar saya bisa lebih fokus atas tanggung jawab yang lebih besar di TKN," ujar Erick dalam keterangan tertulisnya.

Kemudian, pada Januari 2019, Erick pun resmi melepas seluruh kepemilikan saham sebesar 31,05 persen di Inter Milan.

LionRock Capital, perusahaan investasi asal Hong Kong membeli saham Inter Milan yang dimiliki Erick Thohir.

Sebelum mundur dari Inter Milan, Erick diketahui lebih dulu meninggalkan klub sepak bola Amerika, D.C. United. Dia tercatat sebagai pemilik klub bola basket NBA Philadelphia 76ers kala itu. Keputusan itu diambilnya saat tengah fokus menjalankan tugasnya sebagai ketua panitia pentas multi-event Asian Games 2018.

Baca Juga: Erick Thohir, Yenny Wahid, hingga Bahlil Lahadila Bakal Jadi Menteri?

3. Pengusaha sukses di berbagai bidang

Erick Thohir, Pengusaha yang Sukses Bawa Jokowi Menangkan Pilpres 2019IDN Times/Indiana Malia

Erick dan rekannya semasa kuliah mendirikan Mahaka Group. Perusahaan ini membeli Republika pada 2001 saat berada di ambang kebangkrutan. Erick mendapat bimbingan dari ayahnya serta pendiri Kompas dan pendiri Jawa Pos.

Berbagai unit usaha Mahaka seperti di bidang penyiaran (broadcast) yakni Gen FM & Jak FM, stasiun televisi Jak tv, media luar ruang (out of home) Mahaka Advertising, penerbitan (publishing) yakni Harian Republika, Golf Digest, digital yakni Rajakarcis.com dan berbagai perusahaan lainnya yang bergerak di bisnis olahraga dan hiburan.

Selain bergelut di bidang media dan periklanan, Erick juga memiliki usaha di bidang kuliner. Erick diwarisi restoran Hanamasa dan Pronto oleh sang ayah. Dua restoran terkenal ini dia geluti sebelum dirinya melebarkan sayap ke bisnis media.

4. Pengamat menilai Erick akan duduki kursi menteri

Erick Thohir, Pengusaha yang Sukses Bawa Jokowi Menangkan Pilpres 2019IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Pengamat Komunikasi dan Politik Nasional, Emrus Sihombing menilai Erick Thohir berpotensi untuk mengisi kursi menteri kabinet kerja Presiden terpilih Joko 'Jokowi' Widodo jilid II dari kalangan profesional. Meski menurut pengamatannya, Erick belum tentu mau bila ditawarkan kursi menteri, Emrus yakin bahwa Jokowi akan mendengarkan setiap saran nama-nama menteri dari Erick.

“Saya kira Erick Thohir orang yang kompeten dan memiliki integritas tinggi,” ujar Emrus yang juga Direktur Eksekutif Lembaga EmrusCorner dilansir dari Antara.

Baca Juga: Sekjen Koalisi Jokowi Bertemu Erick Thohir Semalam, Bahas Apa?

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya