Teks Pidato Hari Guru Viral, Nadiem Akhirnya Putar Video Saat Upacara

Nadiem tak mau membacakan ulang pidato yang keburu viral itu

Jakarta, IDN Times - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim perdana memimpin upacara Hari Guru Nasional 2019. Upacara diadakan di halaman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Senayan, Jakarta Selatan, Senin (25/11).

Turut hadir dalam upacara di Kemendikbud, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Seperti apa gaya Nadiem memimpin upacara untuk pertama kalinya di Kemendikbud?

1. Video pidato viral Nadiem diputar saat amanat pembina upacara

Teks Pidato Hari Guru Viral, Nadiem Akhirnya Putar Video Saat UpacaraMenteri Pendirikan dan Kenudayaan Nadiem Anwar Makariem ditemui usai menjadi pembina upacara Hari Guru Nasional pada Senin (25/11) di Kemendikbud, Jakarta Selatan. (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Video Nadiem menyampaikan pidato Hari Guru Nasional diputar ketika pembacaan amanat upacara. Hal ini dilakukan lantaran teks pidato Nadiem sudah viral di tersebar di media sosial sejak Sabtu (23/11) lalu.

"Saya yakin bapak-bapak dan ibu-ibu banyak yang sudah membaca naskah pidato Hari Guru Nasional, sehingga saya tidak akan mengulang lagi di upacara ini namun kami sudah menyiapkan sebuah video pidato Hari Guru Nasional," kata Nadiem sebelum video diputarkan.

Baca Juga: Wasekjen PPP Beberkan Alasan Nadiem Makarim Perlu Wakil Menteri

2. Dihadiri guru-guru dan sejumlah pelajar

Teks Pidato Hari Guru Viral, Nadiem Akhirnya Putar Video Saat UpacaraUpacara peringatan Hari Guru Nasional di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada Senin (25/11) dipimpin langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makariem (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Sejumlah guru turut hadir dalam upacara peringatan Hari Guru Nasional di Kemendikbud. Perwakilan pelajar dari jenjang SD, SMP, dan SMA juga turut dalam barisan upacara selain itu siswa-siswi PAUD juga memeriahkan acara dengan gerak dan lagu mereka.

Dalam barisan undangan tampak pula sejumlah pelajar dari sekolah luar biasa atau pelajar disabilitas yang hadir dalam upacara didampingi guru-guru mereka.

3. Nadiem turun panggung ikut menari bersama para guru

Teks Pidato Hari Guru Viral, Nadiem Akhirnya Putar Video Saat UpacaraMendikbud Nadiem Anwar Makarim beserta istri turun menari bersama peserta upacara pada Senin (25/11) di Kemendikbud, Jakarta Selatan. (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Usai upacara, Nadiem turun dari podium dan ikut berjoget bersama dengan guru-guru dan sejumlah pejabat Kemendikbud. Lagu Maumere mengiringi gerak tarian Nadiem dan istrinya, Franka Franklin.

Franka mengenakan kebaya putih ketika menghadiri upacara. Kesediaan Nadiem dan Franka untuk turun menari disambut meriah oleh tamu undangan dan peserta upacara.

Baca Juga: Pidato Hari Guru yang Ditulis Nadiem Viral, Sampai Dikomentari Aktris

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya