Comscore Tracker

Dana BOS Bisa Dipakai untuk Beli Kuota Internet Guru dan Siswa

Nominal BOS yang akan dipakai diserahkan ke Kepala Sekolah

Jakarta, IDN Times - Belajar jarak jauh lewat daring dikeluhkan oleh banyak guru. Sejak pandemi COVID-19 atau virus corona, psychall distance memaksa proses belajar mengajar dilakukan di dunia maya yang membutuhkan kuota internet tidak sedikit. 

Namun Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, menyebutkan jika kebutuhan kuota internet para guru bisa menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) 2020. Ia mengharapkan dana itu dapat menunjang proses pembelajaran daring.

"Dana BOS bisa dialihkan untuk membeli kuota internet guru dan untuk murid-muridnya," kata Nadiem saat Bincang Sore bertajuk "Peluncuran Program Edukasi Belajar dari Rumah" yang disiarkan lewat kanal YouTube Kemendikbud RI, Kamis (9/4).

1. Kuota internet digunakan guru untuk pembelajaran siswa via online

Dana BOS Bisa Dipakai untuk Beli Kuota Internet Guru dan Siswailustrasi belajar online (IDN Times/Mela Hapsari)

Mantan bos Gojek ini menyebut dana BOS dapat diadaptasi untuk menunjang proses pembelajaran. Langkah ini dilakukan karena keterbatasan ekonomi para guru, dan pandemi corona yang memaksa sektor pendidikan melakukan stay at home.

"Dana BOS boleh digunakan, diadaptasi untuk bisa selama masa krisis untuk membeli kuota kepada para guru. Para siswa juga bisa," kata Nadiem dalam paparannya.

Baca Juga: PSBB Jakarta, Catat Ini Kegiatan-kegiatan yang Dibatasi Secara Ketat

2. Harus persetujuan dari kepala sekolah

Dana BOS Bisa Dipakai untuk Beli Kuota Internet Guru dan SiswaTwitter.com/kemendikbud_RI

Namun, Nadiem menyebut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan hanya berhak untuk menentukan keperuntukkan dana BOS. Ihwal jumlah berapa anggaran yang digunakan untuk tiap keperluan, wewenang itu dikembalikan pada kepala sekolah.

Dana BOS yang keluar harus melalui persetujuan kepala sekolah. Ia mendorong koordinasi antar sesama guru, dan juga koordinasi guru dengan kepala sekolah.

"Itu adalah diskresi tiap kepala sekolah," kata Nadiem.

3. Kepala sekolah menentukan besaran dana yang digunakan

Dana BOS Bisa Dipakai untuk Beli Kuota Internet Guru dan SiswaMenteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim memaparkan Merdeka Belajar Episode 4: Program Organisasi Penggerak (YouTube/KEMENDIKBUD RI)

Tidak ada aturan mengenai berapa jumlah biaya yang boleh dikeluarkan oleh tiap sekolah dari dana BOS, untuk menunjang penyediaan kuota internet guru dan siswa. Nadiem menjelaskan, Kemendikbud tidak merinci jumlah dana yang boleh dikeluarkan dalam aturan BOS.

"Dana BOS itu terserah kepala sekolah bagaimana mengalokasikannya," kata Nadiem.

Baca Juga: Nadiem Makarim: Belajar dari Rumah Bisa Lewat TVRI, Gratis Mulai Senin

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya