Comscore Tracker

Seragam Satpam Berubah, Warnanya Kini Mirip Polisi

Warna coklat muda untuk atasan dan coklat tua untuk bawahan

Jakarta, IDN Times - Seragam dinas untuk Satuan Pengamanan (Satpam) kini sudah berubah warna. Bahkan penampakan seragam baru ini mirip dengan kepolisian. Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Awi Setiyono menjelaskan, perubahan ini mendorong rasa bangga di diri petugas Satpam

"Terjalin kedekatan emosional antara Polri dan Satpam. Menumbuhkan kebanggaan satpam sebagai pengembang fungsi kepolisian terbatas," kata Brigjen Awi melalui keterangan tertulis kepada IDN Times, Selasa (15/9/2020).

Alasan lainnya terhadap perubahan ini adalah bentuk memuliakan profesi Satpam, dan menambah pergelaran fungsi kepolisian di tengah-tengah masyarakat.

1. Aturan yang mencakup perubahan warna seragam satpam

Seragam Satpam Berubah, Warnanya Kini Mirip PolisiKaro Penmas Mabes Polri, Brigjen Pol Awi Setiyono (Dok. Humas Mabes Polri)

Perubahan seragam satpam ini tertuang dalam peraturan Kapolri nomor 4 tahun 2020, tentang Pengamanan Swakarsa.

Sebelumnya, aturan mengenai seragam Satpam diatur dalam Peraturan Kapolri nomor 24 tahun 2007 tentang Sistem Manajemen Pengamanan Organisasi, Perusahaan dan/atau Instansi/Lembaga Pemerintah.

Baca Juga: DPR Sepakat Usulan Polri soal Tambahan Anggaran Rp19 Triliun

2. Perbedaan seragam sebelumnya dengan yang sekarang

Seragam Satpam Berubah, Warnanya Kini Mirip PolisiProgram pelatihan satpam kepada pemuda sekitar perusahaan Inalum (Dok.IDN Times/istimewa)

Dalam Peraturan Kapolri sebelumnya, seragam Pakaian Dinas Harian (PDH) milik Satpam ditentukan dengan model kemeja lengan pendek berwarna putih, berpadu celana panjang biru tua bagi laki-laki. Sedangkan untuk perempuan ditentukan dengan mengenakan rok panjang atau kulot.

Sedangkan Pakaian Dinas Lapangan (PDL) terdiri dari kemeja lengan panjang dan celana panjang biru tua untuk laki-laki mau pun perempuan. Kini, warnanya tersebut telah diganti oleh Kapolri Jenderal Pol, Idham Azis menjadi coklat muda untuk atasan serta coklat tua untuk bawahan.

3. Filosofi warna coklat di seragam Satpam yang baru

Seragam Satpam Berubah, Warnanya Kini Mirip Polisijurnalsecurity.com

Awi juga menjelaskan, filosofi dari warna coklat tersebut indentik dengan warna tanah atau bumi, serta kayu dan batu yang berarti warna alami. Coklat merupakan warna yang netral. Hal ini melambangkan kesahajaan, fondasi, dan stabilitas.

"Coklat merupakan warna netral yang melambangkan kesahajaan, fondasi, stabilitas, kehangatan, rasa aman dan nyaman, serta rasa percaya keanggunan, ketabahan dan kejujuran," kata Awi.

Baca Juga: Teka-teki Satpam Pabrik Hilang dan Ditemukan di Bengawan Solo

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya