Comscore Tracker

Tanggapan Puspomad Soal Plat TNI AD di Mobil Warga Sipil yang Viral

Mobil disita, pengendara dan purnawirawan akan diperiksa

Jakarta, IDN Times - Media sosial (medsos) dihebohkan dengan video seorang warga sipil yang mengendarai mobil berpelat nomor kendaraan dinas milik TNI AD. Dalam rekaman berdurasi 2 menit, mobil bercat hijau dengan pelat nomor kendaraan dinas TNI AD itu terparkir di sebuah rumah makan.

Perekam video mendatangi pengemudi dan menanyakan kepemilikan mobil tersebut. Namun pria itu mengaku bahwa mobil tersebut miliknya. Saat ditanya terkait identitas keanggotaannya, pria itu malah meninggikan nada suara.

"Apa lu tanya gitu, yang boleh tanya gua polisi militer," jawab pria tersebut. Pria itu kemudian meralat pernyataannya, dan menegaskan jika dirinya bukan anggota TNI. Menanggapi kejadian tersebut, internal TNI AD akan segera menyelidiki hal ini.

1. Mobil yang dipinjampakaikan ke Kolonel CPM (Purn) Bagus Heru dipakai pria berinisial SW

Tanggapan Puspomad Soal Plat TNI AD di Mobil Warga Sipil yang ViralTangkapan layar pengemudi mobil dinas TNI AD yang viral (Instagram/ forumwartawanpolri)

Menurut Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Darat (Danpuspomad), Letjen TNI Dodik Widjanarko, kendaraan dinas itu dipakai oleh pria berinisial SW. Dodik mengatakan jika mobil itu bukan kendaraan organik milik Puspomad. 

"Dari hasil pemeriksaan pendahuluan, nomor registrasi kendaraan tersebut dipinjampakaikan kepada Kolonel CPM (Purn) Bagus Heru Sucahyo, mulai 2017 sampai saat ini, atas permohonan dari yang bersangkutan," kata Dodik dalam keterangan tertulis, Minggu (4/10/2020).

Baca Juga: Angka Kematian Tinggi di Sumsel, IDI Minta Pilkada Ditunda

2. Puspomad bakal periksa Bagus Heru Sucahyo, Senin 5 Oktober 2020

Tanggapan Puspomad Soal Plat TNI AD di Mobil Warga Sipil yang ViralIlustrasi Angkatan Darat. ANTARA/HO-Dinas Penerangan TNI AD

Rencananya Kolonel CPM (Purn) Bagus Heru Sucahyo akan menjalani pemeriksaan, Senin (5/10/2020). Ia diminta memberi keterangan tentang kasus penggunaan mobil dinas berpelat 3688-34 oleh masyarakat sipil.

"Terhadap Kolonel CPM (purnawirawan) Bagus Heru Sucahyo karena berdomisili di Bandung, yang bersangkutan menyanggupi akan hadir pada Senin, 5 Oktober," kata Dodik.

3. Peminjaman diizinkan asal tidak digunakan orang lain

Tanggapan Puspomad Soal Plat TNI AD di Mobil Warga Sipil yang ViralIlustrasi anggota TNI AD (secapaad.mil.id)

Dodik membenarkan jika pelat kendaraan tersebut merupakan nomor registrasi Puspomad, dan dipinjamkan kepada Bagus sejak 2017 hingga sekarang. Peminjaman nomor registrasi bagi purnawirawan polisi militer masih diizinkan, selama batas waktu dan kapasitas yang ditentukan.

"Tetapi tidak boleh digunakan oleh orang lain yang tidak berhak," kata dia. Dodok menegaskan, pihaknya bakal memproses secara hukum jika ditemukan bukti pelanggaran.

"Apabila nanti dari semua hasil penyelidikan didapatkan suatu bukti awal pelanggaran hukum, akan diproses dengan tegas sesuai hukum yang berlaku," ujar Dodik.

Baca Juga: Pemerintah Bentuk Tim Investigasi Penembakan TNI dan Warga di Papua

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya