Rudiantara: Startup Sekarang Adalah Koperasi Kekinian

Rudiantara menyebut IDN Times menerapkan bisnis kolaboratif

Jakarta, IDN Times - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara hadir dalam acara Indonesia Writers Festival (IWF) 2019. Dalam kesempatan ini, Rudiantara mengakui IDN Times sebagai media yang berbeda dari media mainstream lainnya.

"IDN Times berbeda dengan media mainstream lainnya, yang jurnalisnya menjadi aset dari media tersebut. Sedangkan IDN Times tidak menjadikan penulisnya aset, tapi menjadikan kolaboratif," ujar Rudiantara, Jumat (6/9).

Menurutnya, konsep ekonomi baru yakni startup tidak membuat ikatan pada founder dan investor.

Dia juga mengatakan, model bisnis kekinian adalah bentuk baru dari koperasi. "Korporasi kumpulan modal. Koperasi kumpulkan invidividu yang mengelola alat produksi. Startup sekarang adalah koperasi kekinian," ujar Rudi.

Menurutnya, 109 ribu penulis IDN Times adalah konsep yang berakar dari koperasi, yakni dengan kolaborasi.

Rudiantara berharap, model bisnis seperti ini dapat membuka lapangan kerja baru dengan memanfaatkan teknologi digital, share ekonomi, dan menjadi inklusi keuangan pada nasabah keuangan konvensional tanpa membutuhkan syarat.

Indonesia Writers Festival 2019 diselenggarakan oleh IDN Times. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2019 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis. Acara dengan slogan Empowering Indonesia Through Writing ini dilangsungkan pada 6 hingga 7 September 2019 di Universitas Multimedia Nusantara, Serpong, Tangerang, Banten.

IWF 2019 sendiri menghadirkan lebih dari 30 pembicara kompeten di berbagai latar belakang seperti Najwa Shihab, Rosiana Silalahi, Ivan Lanin, Marchella FP, Gina S. Noer, Sheila Timothy, Dewi Lestari, Reza Rahadian, Trinity, Windy Ariestanty, Ayu Utami, Henry Manampiring, Angkie Yudistia dan masih banyak lagi.

Ajang penulisan terbesar di Tanah Air ini dihadiri oleh 5.000-an penggiat dunia literasi dan kreatif. Simak dan ikuti terus perkembangan IWF 2019 di situs kami, IDN Times.

Baca Juga: IWF 2019, Bos IDN Media Ajak Indonesia Berubah Positif Lewat Penulis 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya