Kenangan Menteri dengan Jokowi, Sampai Hapal Gestur dan Belahan Rambut

Para menteri sampai bisa tiru cara bicara Jokowi

Jakarta, IDN Times - Minggu, 20 Oktober 2019, merupakan hari pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia periode 2019-2024, Joko "Jokowi" Widodo-Ma'ruf Amin. Para menteri di Kabinet Kerja Jilid I juga akan mengakhiri masa jabatannya.

Sebagai bentuk apresiasi kepemimpinan Jokowi di periode pertama, sejumlah menteri membuat video dalam format InstagramTV.

Video ini diunggah Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf di akun Instagramnya, @triawanmunaf, yang merupakan karya dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden (BPMI Setpres).

Baca Juga: Istana Gratis Sewa Mercedes Benz untuk Tamu VVIP di Pelantikan Jokowi 

1. Kata para menteri soal Jokowi

Kenangan Menteri dengan Jokowi, Sampai Hapal Gestur dan Belahan RambutInstagram/@jokowi

Dalam video tersebut, para menteri menggambarkan bagaimana Jokowi di mata mereka. Satu kata mereka ucapkan dengan tegas bagaimana Jokowi selama ini bekerja dengan mereka.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan, Jokowi adalah orang yang Unusuall (luar biasa).

Pendapat serupa juga diungkapkan Menteri Keuangan Sri Mulyani. Dia menyebut Jokowi luar biasa. Adapun Menteri Ketenagakerjaan Hanif Djakiri dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dengan kompak mengatakan Jokowi tegas.

2. Para menteri tiru cara bicara Jokowi

Kenangan Menteri dengan Jokowi, Sampai Hapal Gestur dan Belahan RambutANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Para menteri juga cakap meniru ucapan khas dari Jokowi. Beberapa menteri bahkan tidak hanya bisa meniru kalimat yang biasa diucapkan Jokowi, tapi hingga nada bicaranya.

"Kan saya sudah bilang," ucap Sri Mulyani meniru Jokowi.

Bahkan Triawan Munaf sampai paham meniru gesture atau bahasa tubuh Jokowi saat tertawa yakni dengan mengangkat bahu.

3. Belahan rambut hingga band favorit Jokowi, para menteri sangat paham

Kenangan Menteri dengan Jokowi, Sampai Hapal Gestur dan Belahan RambutANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Hingga untuk belahan rambut, para menteri sangat paham letak belahan rambut Jokowi. Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti menjelaskan, belahan rambut Jokowi dari kanan ke kiri. Namun jawaban terbanyak adalah dari kiri ke kanan.

Lalu untuk grup musik favorit Jokowi, para menteri dengan lantang dan kompak mengatakan "Metalica". Menteri Sekretaris Negara Pratikno bahkan membocorkan momen Jokowi mendengarkan Metalica.

"Metalica, setiap makan siang, Metalica," ujarnya.

4. Ucapan Terima kasih Jokowi

Kenangan Menteri dengan Jokowi, Sampai Hapal Gestur dan Belahan RambutANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Jokowi melangsungkan acara silaturahmi dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan menteri Kabinet Kerja Jilid I di Istana Negara, Jakarta Jumat (18/10). Pertemuan tersebut juga menandakan selesainya tugas lima tahun Kabinet Kerja Jokowi. Dalam kegiatan itu, hampir seluruh jajaran kabinet datang. Terlihat pula mantan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dan mantan Menko PMK Puan Maharani.

Dalam pidatonya Jokowi mengucapkan terima kasih kepada Wapres JK dan jajaran menteri yang telah bekerja lima tahun ini.

"Sekali lagi saya sangat berterima kasih Pak Wapres, Bapak Ibu sekalian mohon maaf yang sebesar-besarnya, apabila dalam pergaulan sehari-hari dalam saya memberikan perintah, dalam saya berinteraksi dengan bapak ibu sekalian, ada hal-hal yang kurang berkenan karena saya adalah manusia biasa yang penuh dengan kekhilafan, penuh dengan kekurangan, dengan ketidaktahuan. Sehingga banyak hal yang mungkin dalam kita berinteraksi, bergaul, dalam 5 tahun ini ada hal-hal yang kurang berkenan," ujar Jokowi.

Baca Juga: Perpisahan, Jokowi Minta Maaf ke Menteri Kerap Telepon Tengah Malam

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya