Comscore Tracker

Silaturahmi Virtual Melonjak, Kemkominfo Awasi Jaringan di Area PSBB

Lakukan pemeriksaan jaringan dan tambah kapasitas BTS

Jakarta, IDN Times - Menteri Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Johnny G. Plate, menyebut silaturahmi virtual saat Idulfitri 1441 Hijriah di tengah pandemik virus corona atau COVID-19 bakal melonjak.

Untuk melayani peningkatan trafik itu, pemerintah melakukan berbagai upaya telekomunikasi. Termasuk kesiapan dukungan pelaksanaan dengan menyiapkan tambahan kapasitas pada mobile BTS.

"Kapasitas pada BTS ditambah untuk mengantisipasi lonjakan trafik dan menyiapkan mobile BTS apabila diperlukan. Berdasarkan data yang disampaikan oleh operator, terdapat sekitar 178 mobile BTS yang dikerahkan untuk mengantisipasi lonjakan trafik pada kondisi darurat COVID-19, dari keseluruhan BTS secara Nasional sejumlah 479.125," kata Johnny melalui konferensi daring, Jumat (22/5).

Baca Juga: 800 Anak Positif COVID-19, Sekolah Berpotensi Besar Jadi Klaster Baru

1. Awasi jaringan di area strategis PSBB

Silaturahmi Virtual Melonjak, Kemkominfo Awasi Jaringan di Area PSBBIlustrasi tenaga kesehatan (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Ia menjelaskan, Kemkominfo mengawasi keberlangsungan jaringan telekomunikasi di titik-titik strategis saat PSBB. Seperti di area pemukiman, jalan tol, puskesmas, dan rumah sakit rujukan layanan COVID-19.

"Melakukan monitoring jaringan telekomunikasi melalui Network Operation Center (NOC) yang beroperasi selama 24 jam, 7 hari dalam seminggu," ujar dia.

Baca Juga: Komunikasi Publik yang Ambyar di Masa Pandemik Virus Corona

2. Kualitas layanan telekomunikasi juga dipantau

Silaturahmi Virtual Melonjak, Kemkominfo Awasi Jaringan di Area PSBB(IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Demi mendukung kebijakan bekerja dan belajar dari rumah, Kemkominfo juga memantau kualitas layanan telekomunikasi dengan melakukan pengukuran Quality of Service (QoS), layanan suara dan data atau internet seluler pada operator seluler.

"Hasil pengukuran terhadap layanan suara (voice) menunjukkan keberhasilan panggilan rata-rata sebesar 94,21%, sedangkan pada pengukuran layanan data menunjukkan bahwa tingkat kecepatan download rata-rata internet seluler sebesar 15,57 Mbps, kecepatan upload rata-rata 13,34 Mbps dan latency 27,37 milisecond," kata dia.

3. Pengukuran kualitas video streaming

Silaturahmi Virtual Melonjak, Kemkominfo Awasi Jaringan di Area PSBBDok. Humas Pemkab Kepulauan Selayar

Kemenkominfo bersama operator juga mengukur kualitas video streaming, seperti YouTube dan Whatsapp. Hasilnya, tingkat keberhasilan rata-rata untuk Youtube sebesar 84,82 persen dan Whatsapp sebesar 90,6 persen.

Dia juga menjelaskan bahwa pada wilayah dengan pengukurannya tidak baik, Kemkominfo melakukan koordinasi dengan penyelenggara seluler, untuk mengupayakan perbaikan atau meningkatkan kapasitas jaringan telekomunikasi di tempat tersebut.

Johnny juga melaporkan Jumlah BTS 4G eksisting kuartal-tiga tahun 2019 di seluruh Indonesia tercatat hingga 173.294, BTS 3G sebanyak 188.849, dan BTS 2G sebanyak 116.982. Sedangkan Fiber optic (FO) di Indonesia dengan FO inland mencapai 224.583 kilometer, dan SKKL 123.859 kilometer.

Baca Juga: [WANSUS] Menkominfo: Keadaan COVID-19 Sedang Bahaya, Negara Harus Adil

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya