Comscore Tracker

Menginspirasi, 7 Ilmuwan Muslim Sukses Mengubah Dunia

Mereka bisa menjadi sumber inspirasimu

Umat muslim berkontribusi di bidang sains, bahkan pada kemajuan dunia. Terlihat dari banyaknya jumlah ilmuwan muslim sejak dulu yang memiliki sumbangsih terhadap ilmu pengetahuan.

Para ilmuwan ini antusias untuk mengkaji ilmu pengetahuan, terutama yang berhubungan dengan dalil-dalil di Alquran. Berikut para ilmuwan muslim yang mampu mengubah dunia dengan temuannya!

1. Ibnu Sina

Menginspirasi, 7 Ilmuwan Muslim Sukses Mengubah Duniamehrnews.com

Ibnu Sina merupakan filsuf yang terkenal di dunia medis. Ia bahkan dijuluki sebagai Bapak Kedokteran Modern. Dua karyanya yang sangat berpengaruh adalah ensiklopedia filsafat Kitab al-Shifa’ (The Book of Healing) dan The Canon of Medicine. Keduanya kini dipakai sebagai standar ilmu medis di seluruh dunia.

2. Al Zahrawi

Menginspirasi, 7 Ilmuwan Muslim Sukses Mengubah Duniacellcode.us

Al Zahrawi juga berkutat di bidang medis. Ia didapuk sebagai Bapak Ilmu Bedah Modern, dan berhasil mengenalkan catgut (benang) sebagai alat untuk menutup luka hingga sekarang.

Ia juga menyusun buku At-Tasrif liman Ajiza an at-Ta'lif, yang menjadi rujukan dokter dunia. Al Zahrawi menuliskan hal-hal yang terkait dengan bedah, penyakit, dan temuan-temuannya berupa alat kedokteran.

3. Al Khawarizmi

Menginspirasi, 7 Ilmuwan Muslim Sukses Mengubah Duniaamust.com.au

Muhammad bin Musa Al-Khawarizmi merupakan ahli matematika muslim yang dikenal sebagai penemu aljabar. Selain itu, ilmuwan asal Persia ini juga menemukan algoritma dan sistem penomoran. Al-Khawarizmi juga dikenal ahli di berbagai bidang, seperti astrologi dan astronomi.

Baca Juga: 10 Fakta Hari Matematika Sedunia, Yakin Nih Gak Suka Bidang Studi Ini?

4. Abbas Ibn Firnas

Menginspirasi, 7 Ilmuwan Muslim Sukses Mengubah Duniathefamouspeople.com

Jika kita mengenal Wright bersaudara sebagai penemu pesawat terbang dan manusia pertama yang berhasil terbang, tapi pada tahun 9 Masehi adalah Abbas Ibn Firnas yang berhasil mendesain sebuah alat dengan sayap, mirip seperti kostum burung.

Alat tersebut dibuat dengan perhitungan dan penelitian yang rumit. Pada waktu percobaannya, ia berhasil terbang cukup jauh hingga kemudian jatuh dan mematahkan tulang belakangnya. Ia kemudian menginspirasi ilmuwan barat untuk mengembangkan pesawat.

5. Ibn Al Haytham

Menginspirasi, 7 Ilmuwan Muslim Sukses Mengubah Duniatstatic.net

Ibn Al Haytham dikenal sebagai Bapak Optik Modern. Karyanya yang terkenal adalah Kitab al-Manazir (Book of Optics) dan diakui sebagai rujukan ilmu optik.

Al Haytham menjelaskan bagaimana cara kerja optik mata manusia dalam menangkap gambar secara detail. Ia pun berkontribusi dengan meneliti lensa, cermin, dan penguraian atuapun pembiasan warna cahaya.

6. Jabir Ibn Hayyan

Menginspirasi, 7 Ilmuwan Muslim Sukses Mengubah Duniamuslimobsession.com

Jabir Ibn Hayyan dikenal sebagai seorang ahli kimia asal Iran. Ia berhasil melarutkan emas dan menemukan asam kuat seperti asam sulfat, hidroklorik, dan nitrat.

Untuk menetralisir asam temuannya, ia kemudian memproduksi alkali. Karya-karyanya berupa buku adalah Kitab Al-Kimya, Kitab Al-Sab’een, Kitab Al-Rahmah, dan lain-lain.

7. Ahmad Ibn Tulun

Menginspirasi, 7 Ilmuwan Muslim Sukses Mengubah Duniaamazonaws.com

Ahmad Ibn Tulun adalah orang pertama yang mencetuskan perawatan medis modern berupa rumah sakit Al-Fustat di Kairo, Mesir. Tulun saat itu menjabat sebagai Gubernur, menyediakan layanan kesehatan gratis untuk semua orang yang membutuhkannya.

Rumah sakit yang dibangun pada abad ke-9 itu memiliki manajemen perawatan yang modern dan rinci. Rumah sakit yang didirikan Al-Fustat juga menyediakan perawatan untuk pasien gangguan jiwa.

Gimana, ilmuwan muslim cukup menginspirasi kan? 

Baca Juga: Patut Didukung, 5 Penemuan Ini Jadi Solusi Atasi Limbah Plastik

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya