Wahyu Setiawan Pernah Minta Ketua KPU Membalas Surat PDIP Terkait PAW

Tim hukum PDIP datangi KPU

Jakarta, IDN Times - Ketua KPU Arief Budiman mengatakan tersangka kasus suap eks komisioner KPU Wahyu Setiawan pernah meminta kepadanya untuk segera membalas surat pergantian antar waktu (PAW) anggota DPR terpilih yang diajukan PDIP.

"Tapi saya gak pernah menghubungi orang per orang begitu. Sebetulnya konteksnya menyampaikan kepada saya 'Mas suratnya segera dijawab aja deh' kan kami sudah jawab," ujar Arief di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (16/1).

1. Wahyu minta Arief membalas surat PDIP terkait PAW Harun Masiku

Wahyu Setiawan Pernah Minta Ketua KPU Membalas Surat PDIP Terkait PAWEks Komisioner KPU, Wahyu Setiawan (IDN Times/Santi Dewi)

Namun demikian, Arief mengatakan dia tidak mengingat detail percakapan dengan Wahyu Setiawan. Arief hanya mengingat soal permintaan agar KPU segera membalas surat permohonan PAW atas nama Harun Masiku itu.

"Saya lupa ya kan setiap hari kita bicara banyak kalimat banyak kata. Tapi yang jelas saya ingat kira-kira substansinya itu kalau ada surat udahlah kita cepat-cepat balas," katanya.

Baca Juga: Kasus Suap Wahyu Setiawan, Pakar Hukum: Parpol Jangan Halangi KPK!

2. Banyak pihak terlibat dalam kasus PAW Harun Masiku

Wahyu Setiawan Pernah Minta Ketua KPU Membalas Surat PDIP Terkait PAW(Eks caleg PDI Perjuangan Agustiani Tio Fridelina) ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Arief mengatakan, Wahyu tidak secara spesifik menyampaikan bahwa ada pemakelaran soal surat permohonan dari PDIP itu. Namun, dia menyebut ada dugaan banyak pihak yang terlibat dari perkara itu.

"Sebetulnya kan hal spesifik gak disampaikan (pemakelaran). Secara umum dia mengatakan ini banyak anulah, apa saya lupa juga istilah dia. Apakah makelar atau yang lain saya gak mengingat setiap kalimat. Tapi dia selalu mengatakan ini banyak yang anulah, banyak yang 'ikutlah' di sini. Banyak yang ikut. Pokoknya ada yang kepingin," kata Arief.

3. Tim hukum PDIP mendatangi KPU

Wahyu Setiawan Pernah Minta Ketua KPU Membalas Surat PDIP Terkait PAW(IDN Times/Denisa Tristianty)

Siang ini, Tim Hukum PDI Perjuangan yang dibentuk untuk menyikapi kasus suap Komisioner KPU Wahyu Setiawan mendatangi kantor KPU di Jakarta, Kamis (16/1).

Dari pantauan IDN Times di lokasi, kedatangan Ketua Tim Hukum I Wayan Sudirta dan Koordinator Tim Pengacara Teguh Samudra, serta beberapa anggota, ditirima oleh Ketua KPU Arief Budiman.

Tim Hukum PDIP itu pun diajak oleh Arief Budiman bergegas ke ruang kerjanya yang berada di sebelah gedung KPU.

"Kita berdiskusi, berbincang-bincang saja," ujar Sudirta kepada wartawan yang menunggu di depan pintu masuk.

4. Tim hukum PDIP berharap tak ada PAW

Wahyu Setiawan Pernah Minta Ketua KPU Membalas Surat PDIP Terkait PAW(IDN Times/Istimewa)

Ketika ditanya apakah akan membahas masalah PAW Harun Masiku, Sudirta enggan menjawab dan hanya mengatakan jangan pakai istilah PAW.

"Jangan PAW-PAW an lah,” kata Sudirta sambil bergegas masuk.

Baca Juga: Wahyu Setiawan Bantah Kode 'Siap Mainkan' Bermakna Minta Duit Suap

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya