Setelah Pesawat, Hari Ini PT Pelni Jual Tiket Penyeberangan Penumpang

Pelni hanya membuka kuota 50 persen dari kapasitas kapal

Jakarta, IDN Times - Setelah transportasi udara kembali beroperasi mengangkut penumpang, hari ini giliran PT Pelayaran Nasional Indonesia membuka pelayanan penjualan tiket bagi penumpang sesuai kriteria yang telah ditetapkan pemerintah.

Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT Pelni Sodikin mengatakan, tiket dijual di loket kantor cabang Pelni agar petugas efektif memeriksa dokumen persyaratan.

“Selain itu, seluruh calon penumpang dianjurkan untuk menggunakan metode pembayaran secara nontunai atau cashless,” kata Sodikin dikutip dari Kantor Berita Antara, Sabtu (16/5).

Baca Juga: Larangan Mudik, Pelni Parkir 8 Kapal di Pelabuhan Makassar

1. Penjualan tiket sesuai persyaratan protokol COVID-19

Setelah Pesawat, Hari Ini PT Pelni Jual Tiket Penyeberangan PenumpangPenumpang kapal Pelni di Pelabuhan Makassar pada masa mudik lebaran tahun 2019. IDN Times/Aan Pranata

Sodikin menjelaskan, penjualan tiket dilakukan sesuai persyaratan protokol penanganan penumpang Pelni selama masa virus corona serta Surat Edaran (SE) Gugus Tugas COVID-19 Nomor 4 Tahun 2020 dan SE Dirjen Hubla Nomor 21 Tahun 2020.

"Kami akan melayani penjualan tiket kepada penumpang sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan, dengan melampirkan beberapa dokumen perjalanan berdasarkan Surat Edaran yang telah ditetapkan, yang disertai dengan surat keterangan kesehatan dari pihak yang berwenang pada periode maksimal tujuh hari sebelum keberangkatan. Pembayaran tiket juga dianjurkan untuk melalui proses cashless," kata Sodikin.

2. Pelni hanya membuka kuota 50 persen dari kapasitas kapal

Setelah Pesawat, Hari Ini PT Pelni Jual Tiket Penyeberangan PenumpangIlustrasi mudik menggunakan kapal/ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Dalam periode pertama ini, Pelni hanya menjual 50 persen dari kapasitas kapal guna melakukan protokol physical distancing selama perjalanan.

“Kami telah mengatur pembatasan akses bagi penumpang selama berada di atas kapal, serta skema jaga jarak antar penumpang baik itu pada nomor bed atau pun saat pengambilan makan, sehingga anjuran physical distancing tetap terlaksana dengan baik," tambahnya.

3. Pemeriksaan tiket di atas kapal ditiadakan

Setelah Pesawat, Hari Ini PT Pelni Jual Tiket Penyeberangan PenumpangIDN Times/Aan Pranata

Untuk mengurangi interaksi langsung, petugas kapal Pelni juga tidak akan memeriksa tiket bagi penumpang dengan tujuan dari pelabuhan ke pelabuhan (port to port). Kecuali kepada penumpang yang mempunyai trayek multiport.

"Manajemen akan mengefektifkan screening penumpang yang akan naik ke atas kapal mulai dari pelabuhan. Sehingga pelaksanaan boarding saat sebelum naik ke atas kapal akan dimaksimalkan," ujarnya.

Untuk penumpang yang ditemukan tidak memenuhi persyaratan, akan diisolasi di ruangan khusus dan akan diturunkan di pelabuhan tujuan pertama dan melaporkan kepada satgas daerah setempat.

4. Berikut enam kapal yang beroperasi dan tujuannya

Setelah Pesawat, Hari Ini PT Pelni Jual Tiket Penyeberangan PenumpangPelabuhan Makassar. IDN Times / Aan Pranata

Dari 26 kapal penumpang, sementara waktu Pelni akan mengoperasikan enam kapal, yakni KM Ciremai, KM Dobonsolo, KM Gunung Dempo, KM Nggapulu, KM Kelud, dan KM Egon. Kapal tersebut akan berlayar membawa penumpang menuju pelabuhan yang masih membuka aksesnya, yaitu Pelabuhan Tanjung Priok, Surabaya, dan Makassar, dan melanjutkan perjalanan dengan membawa muatan logistik.

Saat ini, KM Ciremai berlayar dengan rute Tg. Priok - Surabaya - Makassar - Ambon - Sorong - Biak - Jayapura - Sorong - Namlea - Baubau - Surabaya - Tg. Priok.

KM Dobonsolo melayani rute Tg. Priok - Surabaya - Makassar - Ambon - Sorong - Serui - Jayapura - Sorong - Ambon - Namlea - Surabaya - Tg. Priok.

KM Gunung Dempo melayani rute Tg. Priok - Surabaya - Makassar - Ambon - Sorong - Biak - Jayapura - Sorong - Makassar - Surabaya - Tg. Priok.

KM Nggapulu melayani rute Tg. Priok - Surabaya - Makassar - Baubau - Ambon - Banda - Tual - Dobo - Fakfak PP.

KM Kelud melayani rute Belawan - Batam - Tg. Priok. Serta KM Egon kini melayani rute Waingapu - Lembar - Waingapu - Lembar - Surabaya - Lembar - Waingapu.

Baca Juga: Jokowi Larang Mudik, Tapi Kemenhub Bakal Izinkan Mudik dengan Syarat

Topik:

  • Sunariyah
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya