PKS: Anies Baswedan Punya Kapasitas Jadi Calon Presiden 2024

PKS sebut Anies penuhi kriteria capres 2024, apa alasannya?

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Tifatul Sembiring mengatakan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memiliki kapasitas untuk maju sebagai Calon Presiden pada 2024.

"Pak Anies Baswedan punya kapasitas ya, kalau menurut saya," ujar Tifatul di HotelBidakara, Jakarta Selatan, Kamis (14/11).

1. PKS beri sinyal Anies sosok capres

PKS: Anies Baswedan Punya Kapasitas Jadi Calon Presiden 2024(Anies Baswedan di acara Rakornas PKS, Hotel Bidakara, Kamis (14/11)) IDN Times / Irfan Fathurohman

Menurut Tifatul, Anies salah satu sosok yang memiliki kapasitas untuk dicalonkan, namun bukan berarti orang nomor satu di DKI Jakarta itu merupakan satu-satunya calon terkuat menjadi presiden di 2024. Tifatul menyebut sejumlah kriteria calon presiden yang ideal, pertama dilihat dari aspek moral.

"Sejauh ini, beliau (Anies) belum ada lah catatan krisis mengenai moral," ujar dia.

Baca Juga: Merasa Disinisi Usai Rangkul PKS, Surya Paloh: Ini Politik Ortodoks!

2. Ini kriteria capres menurut PKS

PKS: Anies Baswedan Punya Kapasitas Jadi Calon Presiden 2024(Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota) IDN Times/Gregorius Aryodamar

Selain itu, menurut Tifatul, calon presiden harus mempunyai misi ke depan atau visioner.

"Beliau (Anies) visioner orangnya. Kami sudah lihat lah, bagaimana dia ditempatkan, dulu di Menteri Pendidikan, masuk ke DKI Jakarta. Ketiga, calon presiden harus punya kompetensi. Keempat, dia harus memiliki komunikasi yang baik dengan partai politik,” kata dia.

Karena empat hal itu dimiliki Anies, maka Tifatul menilai Anies sebagai calon yang cukup kuat didukung.

3. Anies hadiri Rakornas PKS

PKS: Anies Baswedan Punya Kapasitas Jadi Calon Presiden 2024(Rakornas Partai Keadilan Sejahtera di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (14/11)) IDN Times / Irfan Fathurohman

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara Rapat Koordinasi Nasional Partai Keadilan Sejahtera (Rakornas PKS) di Hotel Bidakara, Jakarta.

Anies masuk ke lobi hotel sekitar pukul 13.00 WIB dan langsung disambut oleh Presiden PKS, Sohibul Iman dan elite PKS lainnya.

Baca Juga: Gelar Rakornas Hari Ini, PKS: Walau Pelukan Tetap Oposisi 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya