Pimpin Sidang Paripurna MPR, Hillary Dihujani Interupsi

Sidang Paripurna pun diskors

Jakarta, IDN Times - Wakil Pimpinan MPR Sementara, Hillary Brigitta, dihujani interupsi anggota MPR RI saat Sidang Paripurna kedua yang beragendakan pengesahan jadwal sidang. Kemudian dilanjutkan dengan pembentukan fraksi-fraksi dan kelompok DPD.

Hillary dihujani interupsi sebab Ketua Pimpinan Sementara MPR Sabam Sirait berhalangan hadir sehingga sidang Paripurna dipimpin oleh satu orang.

“Pak Sirait sudah izin karena ada masalah kesehatan. Seharusnya memang dipimpin oleh dari DPD, tapi kerena beliau berhalangan,” kata Hillary, di Ruang Sidang Paripurna, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10).

Politikus F-Golkar Adies Kadir pun menginterupsi penjelasan anggota MPR termuda itu, ia meminta pimpinan sidang untuk menjelaskan aturan mendasar tentang tartib pimpinan sidang yang berhalangan hadir.

“Kami mohon ditunjukkan aturannya, karena konstitusi tidak mengatur itu. Karena konstitusi mengatur harus dipimpin yang tertua (Sabam Sirait) dan yang termuda (Hillary). Kami mohon ditunjukkan aturannya,” timpal Adies.

“Pasal 20 ayat 3 tatib MPR itu sudah dipilih saya, Pak Abdul Wahab, Sabam Sirait, dan Jialika,” ujar Hillary.

Mendengar jawaban Hillary, Yandri Susanto dari Fraksi PAN meminta sidang Paripurna diskors sementara.

“Kami usul sebaiknya pimpinan menskors sidang ini, memanggil dan mengumpulkan unsur di MKD, dan unsur fraksi. Kalau memang diganti ya diganti, kalau diteruskan, ya kita cari celah hukumnya, fraksi PAN mengusulkan untuk dilakukan lobi-lobi,” interupsi Yandri.

Pernyataan Yandri pun didukung oleh Sarifuding sesama fraksi PAN yang juga ikut interupsi. Ia meminta Pimpinan sidang untuk diskors.

“Kalau di dalam tatib kalau ada pimpinan berhalangan, maka diganti pimpinan yang lain. Maka, kita harus mengikuti tata tertib yang ada. Maka untuk mendapatkan keabsahan, kami meminta sidang ini diskors,” kata Sarifuding.

Akhirny, Hillary pun mengamini untuk menskors Sidang Paripurna kedua selama 20 menit. Interupsi pun terus menghujani Hillary, namun dengan tenang, Hillary tetap mengetok pali sidang menandakan Sidang Paripurna diskors.

“Sidang diskors 20 menit,” kata Hillary disambut tepuk tangan seisi Ruang Sidang.

MPR menggelar sidang Paripurna hari ini. Sidang Paripurna hari ini terdiri dari dua sesi yakni sidang paripurna kedua dan sidang paripurna ketiga. Sidang paripurna digelar di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10).

Berdasarkan jadwal yang diterima, Sidang Paripurna yang kedua digelar pada pukul 11:00 WIB, sementara sidang paripurna ketiga digelar pada pukul 19.00 WIB. Agendanya, pengesahan jadwal sidang. Kemudian dilanjutkan dengan pembentukan fraksi-fraksi dan kelompok DPD.

Sementara, sidang ketiga beragendakan penyampaian bakal calon pimpinan MPR dari masing-masing fraksi fraksi dan kelompok DPD. Kemudian agenda dilanjutkan dengan pelantikan ketua dan wakil ketua MPR dan pembentukan badan-badan dan Komisi Kajian Ketenagakerjaan.

Baca Juga: 5 Fakta Hillary Brigita Lasut, Putri Bupati yang Jadi Anggota DPR Muda

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya