Nasihat Amien Rais kepada Kader PAN: Jangan Rabun Ayam!

Nasihat Amien jadi dasar pengambilan keputusan PAN

Jakarta, IDN Times - Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais angkat bicara soal isu PAN merapat ke pemerintahan Joko “Jokowi” Widodo untuk 2019-2024. Amien Rais meminta PAN tidak tergoda jabatan.

Pernyataan tersebut disampaikan Amien Rais lewat video di Instagram @amienraisofficial seperti dilihat pada Sabtu (6/7). Amien Rais memberi nasihat terkait posisi PAN untuk lima tahun ke depan.

"Saudara-saudaraku para kader PAN se-Indonesia, para pemilih PAN dan simpatisan yang saya cintai dan saya hormati. Akhir-akhir ini banyak kontroversi apakah PAN sebaiknya bergabung dengan Pak Jokowi atau di luar," kata Amien Rais.

1. Amien Rais menyeru kadernya untuk tidak rabun ayam karena satu kursi

Nasihat Amien Rais kepada Kader PAN: Jangan Rabun Ayam!IDN Times/Axel Jo Harianja

Amien lantas menyeru kadernya untuk tidak rabun ayam karena satu kursi jabatan. Ia meminta kader PAN melihat kepercayaan pendukungnya selama ini.

"Nah, dengarkanlah nasihat saya. Jangan kita rabun ayam hanya karena satu kursi kemudian kita bergabung. Kemudian bagaimana pendapat opini yang sekian hampir sepuluh juta pemilih kita itu," ucap Amien.

2. Amien memperhatikan suara pendukungnya

Nasihat Amien Rais kepada Kader PAN: Jangan Rabun Ayam!IDN Times/Yogie Fadila

Menurutnya, PAN tidak boleh sewenang-wenang untuk masuk dalam koalisi Jokowi. Suara pendukung selama ini, bagi Amien Rais, merupakan grassroot dari ranting dan cabang.

"Tolong teman-teman DPP jangan mengumbar semau-maunya. Pemilih ini adalah grassroot dari ranting, cabang, tidak boleh dikesampingkan semacam itu. Jadi Saudara-saudaraku, mari kita berpikir, nanti kita bicarakan secara ksatria, secara apa adanya," ucap Amien Rais.

3. Bagaimana respons PAN?

Nasihat Amien Rais kepada Kader PAN: Jangan Rabun Ayam!IDN Times/Teatrika Putri

PAN mengatakan nasihat Amien Rais akan menjadi salah satu dasar keputusan sikap politik partai ke depan.

"Apa yang dikatakan Pak Amien merupakan imbauan yang tentu akan kami hormati dan menjadi bahan penting bagi kami untuk mengkaji opsi terbaik bagi PAN," kata Sekjen PAN Eddy Soeparno.

Baca Juga: 3 Efek Bagi Rakyat Jika Prabowo Merapat ke Jokowi

4. Ada tiga opsi yang masih diuji PAN

Nasihat Amien Rais kepada Kader PAN: Jangan Rabun Ayam!IDN Times/Irfan Fathurochman

Eddy Soeparno mengatakan ada tiga opsi terkait posisi PAN dalam pemerintahan mendatang. Salah satu opsi, bergabung dengan pemerintah. Namun, dia menegaskan hal itu masih sebatas opsi.

"Menjadi oposisi. Kedua, di tengah sebagai penyeimbang tapi tidak oposisi. Ketiga, bergabung dengan pemerintah tapi dengan syarat kita diajak. Karena nggak mungkin kan, tiba-tiba bilang mau gabung padahal gak diajak," jelasnya.

Dia menegaskan ketiga opsi itu masih dikaji di lingkup internal PAN. Keputusannya akan ditetapkan lewat rakernas yang rencananya digelar selambat-lambatnya pada awal Agustus 2019. "Segala sesuatu itu masih kita kaji, akan diputuskan melalui rakernas," ujar Eddy.

Baca Juga: Pengamat: Demokrat dan PAN akan Segera Merapat ke Koalisi Jokowi

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya