PAN Gelar Kongres Maret 2020, Zulkifli Hasan Maju Lagi?

Empat bakal calon ketua umum PAN siap bertarung

Jakarta, IDN Times - Ketua Steering Committee Rakernas Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Partaonan Daulay mengatakan Kongres V Partai Amanat Nasional akan diselenggarakan selambatnya Maret 2020.

"Dalam forum Rakernas yang diselenggarakan Sabtu kemarin, sudah disepakati waktu penyelenggaraan Kongres V PAN paling lambat bulan Maret 2020," kata Saleh dikutip dari Kantor Berita Antara, Selasa (10/12).

1. Lokasi kongres belum ditentukan

PAN Gelar Kongres Maret 2020, Zulkifli Hasan Maju Lagi?ANTARA FOTO/Reno Esnir

Saleh mengatakan untuk lokasi penyelenggaraan kongres, dalam forum rakernas itu DPP PAN telah membuka kesempatan bagi seluruh daerah untuk mengajukan diri menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kongres V PAN.

Sejauh ini telah ada sembilan daerah yang mengajukan diri menjadi tuan rumah kongres yakni Sumatera Utara, Sumatera Barat, Lampung, DKI Jakarta, Yogyakarta, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Kalimantan Selatan dan Papua.

"Tentu lokasinya tidak bisa diputuskan dalam forum rakernas, karena perlu verifikasi dan survei lapangan, misalnya kita lihat dulu apakah hotel di wilayah itu bisa menampung kapasitas 3.000 peserta Kongres V yang akan datang, dan lain sebagainya. Nanti DPP PAN akan menentukan satu dari sembilan wilayah itu yang bisa menjadi tuan rumah," ujar dia.

2. Rakernas mengalami skorsing, Amien Rais sempat geram mendengar teriakan ‘lanjutkan’

PAN Gelar Kongres Maret 2020, Zulkifli Hasan Maju Lagi?ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Forum Rakernas PAN di Jakarta, Sabtu (7/12) sempat diskorsing selama 10 menit, lantaran ada peristiwa perebutan mikrofon di antara para peserta saat pembahasan tata tertib. Menurut Saleh hal itu disebabkan peserta terlampau semangat menyambut Kongres V PAN.

"Itu hanya soal berebut mikrofon saja, karena peserta terlalu semangat, mereka gembira menyambut kongres. Sekarang sudah clear, tidak ada masalah," ujar Saleh.

Sementara itu Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais sempat geram terhadap sejumlah peserta yang terus meneriakkan kata ‘lanjutkan’ saat pembukaan Rakernas

Teriakan tersebut merupakan nada dukungan sejumlah kader terhadap Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan untuk kembali memimpin partai. Sejumlah kader mendukung Zulkifli Hasan memimpin PAN periode 2020-2025.

"Lanjutkan itu belum tentu ya, jangan mendahului takdir. Anda jangan sorak-sorak seperti itu, tidak layak. Ini bukan partai kampungan," ujar Amien dengan nada tinggi.

Kata ‘lanjutkan’ sering diteriakkan oleh sebagian peserta Rakernas PAN pendukung Zulkifli selama pembukaan rakernas berlangsung.

Teriakan itu semakin keras saat Zulkifli menyinggung mengenai agenda kongres tentang pemilihan ketua umum PAN periode 2020-2025.

Zulkifli kemudian melempar dua bait pantun untuk mencairkan suasana rakernas yang semakin riuh dengan teriakan ‘lanjutkan’.

“Anak nelayan mengayuh sampan, sampan didayung menuju ke tepian. Ayo semua kader PAN bergandeng tangan, bersatu padu meraih kemenangan di 2024 mendatang," ujar Zulkifli.

"Putri Melayu asyik berdendang, menarik perhatian si anak bujang. Mari bersatu kita berjuang, merebut kemenangan di pemilu mendatang," kata dia.

Teriakan ‘lanjutkan’ tersebut ternyata terus bergema saat Amien Rais memberikan sambutan. Awalnya, pendiri PAN tersebut nampak bijak merespons dukungan kader terhadap Zukifli tersebut.

Amien menyebut adanya teriakan-teriakan dukungan tak ubahnya seperti suasana kongres partai.

"Saudaraku, saya tadi ada teriakan lanjutkan-lanjutkan sudah seperti kongres ya. Kalau hasil akhir yang tahu hanya Allah SWT. Boleh anda (teriak) lanjutkan atau tidak lanjutkan, satu periode, saya hanya tersenyum karena sudah ada di lauhul mahfudz siapa yang akan jadi ketua umum kita nanti," kata Amien.

Namun, kegeraman Amien memuncak saat teriakan itu terus terdengar tatkala dirinya tengah membacakan doa di penghujung sambutan.

Kata-kata bernada tinggi pun akhirnya keluar dari mulut Amien untuk menghentikan yel-yel dukungan tersebut. Suasana rakernas pun berangsur kondusif kembali.

3. Empat orang akan maju sebagai bakal calon ketua umum PAN

PAN Gelar Kongres Maret 2020, Zulkifli Hasan Maju Lagi?IDN Times/Aldzah Aditya

Kongres V PAN akan dihelat tahun 2020 mendatang. Salah satu agenda utama dalam kongres adalah pemilihan Ketua Umum PAN.

Sejauh ini beberapa nama yang diprediksi akan maju sebagai bakal calon ketua umum PAN dalam Kongres V PAN yakni Zulkifli Hasan selaku calon petahana, politisi PAN Mulfachri Harahap, Drajad Wibowo hingga Asman Abnur.

Pada Sabtu, sejumlah kader yang menyatakan mewakili 30 DPW PAN dari seluruh Indonesia menyatakan dukungannya bagi Zulkifli Hasan untuk kembali memimpin PAN dalam periode mendatang.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: PAN Kalsel Membelot Dukung Jokowi, PAN Jatim: Solid ke Prabowo-Sandi

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya