Comscore Tracker

Dinilai Punya Kapasitas 3 Kementerian Ini, AHY Diusulkan Jadi Menteri

Demokrat mengusung 14 program prioritas

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan, partainya siap mengusung Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), jika Presiden Joko "Jokowi" Widodo memberikan jatah kursi menteri pada Demokrat.

“Mas AHY saya pikir salah satu yang paling menonjol saat ini, sebagai representasi dari generasi millennial Indonesia, yang merupakan kader yang dipersiapkan sebagai pemimpin ke depan. Tentu Beliau siap,” kata Syarief di Kompleks Parlemen DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (9/10).

Baca Juga: Gerindra Ditawari Menteri? PPP: Jokowi Pasti Komunikasi dengan KIK

1. AHY telah menyampaikan program pembangunan ekonomi kepada Jokowi

Dinilai Punya Kapasitas 3 Kementerian Ini, AHY Diusulkan Jadi MenteriDok. Biro Pers Kepresidenan

Syarief mengatakan AHY telah menyampaikan konsep program ke depan yang memfokuskan pembangunan ekonomi. Hal itu disampaikan AHY ketika bertemu Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor pada 22 Mei 2019.

“Pada saat mas AHY menyampaikan program itu, setahu saya sangat positif responsnya. Tentu Beliau akan menyinergikan dengan program Beliau (Jokowi), apakah ada yang sama, bersinggungan, atau ada yang belum, akan dibicarakan di internal pemerintah,” ujar dia.

2. Demokrat mengusung 14 program prioritas

Dinilai Punya Kapasitas 3 Kementerian Ini, AHY Diusulkan Jadi MenteriIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Syarief menjelaskan masalah ekonomi, daya beli rakyat, kemiskinan, pengangguran, lapangan pekerjaan, kebijakan luar negeri, kebijakan energi menjadi fokus dalam 14 program prioritas yang diajukan AHY ke Jokowi untuk lima tahun ke depan.

“Sebanyak 14 program prioritas itu kalau sudah ada dalam program Pak Jokowi saya kira itu tinggal disinergikan saja. PD (Partai Demokrat) apapun sepanjang program itu demi kepentingan rakyat, akan mendukung,” kata suami dari Ingrid Kansil itu.

3. Demokrat siap mengisi kursi Menteri Perekonomian

Dinilai Punya Kapasitas 3 Kementerian Ini, AHY Diusulkan Jadi MenteriIDN Times/Irfan Fathurohman

Melihat 14 program prioritas, kata Syarief, Demokrat menyatakan siap mengisi bangku Menteri Perekonomian jika kelak Jokowi menunjuk menteri dari partai yang dipimpin Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.

“PD itu sudah lama berpengalaman di pemerintahan, 10 tahun memerintah. Karena itu kader-kadernya juga paham betul apa yang diinginkan rakyat, sehingga pada saatnya nanti diminta presiden dan wapres, tentu PD siap,” ujar dia.

4. AHY dinilai cocok mengisi menteri BUMN

Dinilai Punya Kapasitas 3 Kementerian Ini, AHY Diusulkan Jadi MenteriIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Sementara, Ketua Divisi Advokasi dan Hukum Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean menilai, AHY mempunyai kapasitas sebagai menteri. Putra sulung SBY itu punya kapabilitas mengurus dan memimpin organisasi kerja yang besar.

"Beliau punya ilmu yang sangat memadai untuk mengurus manajemen seperti Kementerian BUMN, Kementerian Luar Negeri atau juga mengurusi (Kementerian) Pemuda dan Olahraga, karena Beliau tokoh muda," ujar Ferdinand saat dihubungi, Rabu (9/10).

Baca Juga: Silaturahmi Santri di Ciganjur, Sekjen PDIP: Mega Usul Menteri dari NU

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Just For You