3 Srikandi Kabinet Kerja yang Harus Dipertahankan Jokowi

Menteri Susi, Sri, dan Retno dinilai memenuhi syarat

Jakarta, IDN Times - Tiga menteri perempuan yang ada di Kabinet Kerja Joko "Jokowi" Widodo saat ini yakni Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi adalah tiga srikandi yang harus dipertahankan di Kabinet Kerja Jilid II.

"Saya kira tiga srikandi ini adalah menteri yang harus dipertahankan, karena kapabilitas dan integritasnya yang luar biasa hebat," kata pengamat komunikasi dan politik yang juga Direktur Eksekutif Lembaga EmrusCorner, Emrus Sihombing, Sabtu (27/7).

Baca Juga: Penerimaan Pajak Rp603 T, Sri Mulyani Yakin Semester II Lebih Baik

1. Susi berani kebijakan, Sri Mulyani ahli mengatur keuangan

3 Srikandi Kabinet Kerja yang Harus Dipertahankan JokowiIDN Times/Irfan Fathurohman

Emrus mengatakan, Menteri Susi Pudjiastuti memiliki keberanian yang luar biasa dalam membuat kebijakan dan melindungi laut Indonesia. Sedangkan Menteri Sri Mulyani, menurut Emrus, tidak perlu diragukan lagi keahliannya dalam mengatur keuangan negara bahkan taraf Internasional.

"Di tengah perekonomian dunia yang begitu fluktuatif dan penuh ketidakpastian, tapi Beliau bisa menakhodai Kementerian Keuangan kita dan mempunyai dampak signifikan, bahkan bisa menjaga pertumbuhan ekonomi kita stabil selama jabatan Beliau," ujar Emrus memuji Sri Mulyani, seperti dilansir Antara.

2. Retno juga berhasil menjalin kerja sama

3 Srikandi Kabinet Kerja yang Harus Dipertahankan JokowiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sementara Retno, ujar Emrus, berhasil menjalin kerja sama dan hubungan erat Indonesia dengan negara lain secara baik selama jabatannya.

Emrus mengatakan, ada tiga hal mutlak yang harus dimiliki menteri yaitu kapabilitas, integritas, dan akseptabilitas.

3. Ketiganya memunuhi syarat kapabilitas dan integritas

3 Srikandi Kabinet Kerja yang Harus Dipertahankan JokowiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Ketiga wanita hebat itu, menurut Emrus, telah memenuhi syarat kapabilitas dan integritas yang tidak diragukan lagi. Namun, kata dia, akseptabilitas mereka di kalangan partai politik (parpol) pendukung saat ini belum dapat dipastikan terpenuhi.

"Kalau akseptabilitas di masyarakat saya rasa mereka sudah diterima, tapi apakah dari parpol juga memberi dukungan? Nah, itu tergantung parpol pendukung Jokowi saat ini," ujar Emrus.

4. Tiga menteri ini harus dipertahankan Jokowi

3 Srikandi Kabinet Kerja yang Harus Dipertahankan JokowiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Emrus mengatakan, setiap parpol pendukung pasti telah melakukan diskusi, kompromi, dan kesepakatan mengenai jatah kursi menteri untuk masing-masing parpol.

"Apabila para parpol melihat kepentingan bangsa menjadi satu hal yang utama, menurut saya semua parpol harus legawa mendukung ketiga menteri tersebut untuk tetap bertahan agar pembangunan Indonesia lebih pesat lagi," tutur Emrus.

Baca Juga: Tak Ada Intervensi, PDIP Bebaskan Jokowi untuk Susun Kabinet Kerja

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya