Menkominfo: Google Cloud Platform Resmi Hadir di Indonesia

Google Cloud menawarkan 24 region dan 73 zona di 17 negara

Jakarta, IDN Times - Google resmi meluncurkan Google Cloud Platform (GCP) Region Jakarta hari ini, Rabu (24/6). Region ini dirancang untuk memiliki tiga zona Cloud sehingga bisa menangani beban kerja yang memerlukan tingkat ketersediaan tinggi. Kini, Google Cloud menawarkan 24 region dan 73 zona di 17 negara di seluruh dunia.

"GCP akan menjadi bagian penting dalam penguatan dan pengembangan teknologi berbasis digital di Indonesia. Pemerintah berharap ini dapat turut memperkokoh keamanan dan privasi data, kemajuan ekonomi digital, mempertajam berbagai macam teknologi digital," ungkap Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate dalam konferensi virtual siang ini.

1. Pemerintah tengah mempercepat RUU perlindungan data pribadi

Menkominfo: Google Cloud Platform Resmi Hadir di IndonesiaIlustrasi peretas (IDN Times/Arief Rahmat)

Untuk mendukung ekonomi digital, Plate mengatakan, pemerintah bersama DPR RI tengah mempercepat rancangan undang-undang perlindungan data pribadi. Selain itu, Indonesia juga menekankan pentingnya keamanan dan kedaulatan data di berbagai forum internasional.

"Peluncuran Google Cloud hari ini merupakan contoh sinergi yang sangat baik di mana sektor dunia usaha, sektor bisnis turut mendukung kebijakan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan teknologi masa kini," ujarnya.

Baca Juga: 7 Produk Buatan Google yang Paling Keren dan Super Canggih

2. Google Cloud Region Jakarta mempermudah perusahaan untuk memanfaatkan kecerdasan buatan

Menkominfo: Google Cloud Platform Resmi Hadir di IndonesiaIlustrasi (IDN Times/Rochmanudin)

CEO Google & Alphabet Sundar Pichai memambahkan, Google Cloud Region Jakarta akan mempermudah perusahaan untuk memanfaatkan kecerdasan buatan (AI). Perusahaan besar maupun startup, di industri layanan finansial, kesehatan, menufaktur, logistik, retail dan e-commerce, dapat memanfaatkan Google Cloud Platform.

"Google Cloud mendukung transformasi digital dengan menggunakan teknologi yang sama seperti produk kami di Google," kata Pichai.

3. Google Cloud Platform Region Jakarta membantu mengakselerasi transformasi dan adopsi teknologi digital

Menkominfo: Google Cloud Platform Resmi Hadir di IndonesiaIlustrasi bekerja dari rumah. (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara, CEO Google Cloud, Thomas Kurian menyatakan kehadiran Google Cloud Platform Region Jakarta membantu mengakselerasi transformasi dan adopsi teknologi digital bagi perusahaan di Indonesia. Pihaknya telah menyediakan platform infrastruktur dan rangkaian solusi spesifik untuk membantu organisasi dalam hal transformasi digital.

Google Cloud Platform Region Jakarta diluncurkan dengan disertai berbagai layanan, seperti Computer Engine, Google Kubernetes Engine, Cloud SQL, Cloud Storage, Cloud Spanner, Cloud Bigtable, dan BigQuery.

Para developer, data scientist, dan data engineer juga dapat memanfaatkan solusi ML (machine learning) dan AI (kecerdasan buatan) untuk membawa project mereka dari ide hingga deployment secara cepat dan hemat biaya. Selain itu, pelanggan hybrid cloud dapat mengintegrasikan deployment yang baru dan yang sudah ada dengan bantuan ekosistem partner lokal, serta melalui banyak lokasi Dedicated Interconnect.

Baca Juga: Persaingan Semakin Keras, Perusahaan Retail Wajib Adopsi Cloud

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya