Comscore Tracker

Google Cloud Platform Hadir di Indonesia, Perusahaan Bisa Gunakan AI

Google Cloud menawarkan 24 region dan 73 zona di 17 negara

Jakarta, IDN Times - Google secara resmi meluncurkan Google Cloud Platform (GCP) Region Jakarta, Rabu (24/6). Region ini dirancang untuk memiliki tiga zona Cloud, sehingga bisa menangani beban kerja yang memerlukan tingkat ketersediaan tinggi. Google Cloud menawarkan 24 region dan 73 zona di 17 negara di seluruh dunia.

"GCP akan menjadi bagian penting dalam penguatan dan pengembangan teknologi berbasis digital di Indonesia. Pemerintah berharap ini dapat turut memperkokoh keamanan dan privasi data, kemajuan ekonomi digital, mempertajam berbagai macam teknologi digital," ungkap Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate dalam konferensi virtual siang tadi.

1. Pemerintah mempercepat RUU perlindungan data pribadi

Google Cloud Platform Hadir di Indonesia, Perusahaan Bisa Gunakan AIIlustrasi peretas (IDN Times/Arief Rahmat)

Agar mendukung ekonomi digital, Plate menyebut pemerintah bersama DPR RI mempercepat rancangan undang-undang (RUU) perlindungan data pribadi. Menurutnya, keamanan dan kedaulatan data cukup penting hingga Indonesia sering kali menyampaikannya di berbagai forum internasional.

"Peluncuran Google Cloud hari ini merupakan contoh sinergi yang sangat baik di mana sektor dunia usaha, sektor bisnis turut mendukung kebijakan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan teknologi masa kini," ujarnya.

Baca Juga: 7 Produk Buatan Google yang Paling Keren dan Super Canggih

2. Google Cloud Region Jakarta mempermudah perusahaan untuk memanfaatkan kecerdasan buatan

Google Cloud Platform Hadir di Indonesia, Perusahaan Bisa Gunakan AIIlustrasi (IDN Times/Rochmanudin)

CEO Google & Alphabet, Sundar Pichai memambahkan, Google Cloud Region Jakarta akan mempermudah perusahaan untuk memanfaatkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Perusahaan besar maupun startup, di industri layanan finansial, kesehatan, menufaktur, logistik, retail dan e-commerce, dapat memanfaatkan Google Cloud Platform.

"Google Cloud mendukung transformasi digital dengan menggunakan teknologi yang sama seperti produk kami di Google," kata Pichai.

3. GCP Region Jakarta membantu akselerasi transformasi dan adopsi teknologi digital

Google Cloud Platform Hadir di Indonesia, Perusahaan Bisa Gunakan AIIlustrasi bekerja dari rumah. (IDN Times/Arief Rahmat)

CEO Google Cloud, Thomas Kurian menambahkan, kehadiran GCP Region Jakarta membantu akselerasi transformasi dan adopsi teknologi digital bagi perusahaan di Indonesia. Pihaknya menyediakan platform infrastruktur dan rangkaian solusi spesifik untuk membantu organisasi dalam hal transformasi digital.

GCP Region Jakarta diluncurkan dengan disertai berbagai layanan, seperti Computer Engine, Google Kubernetes Engine, Cloud SQL, Cloud Storage, Cloud Spanner, Cloud Bigtable, dan BigQuery.

Para developer, data scientist, dan data engineer, bisa memanfaatkan solusi ML (machine learning) dan AI untuk membawa project mereka dari ide hingga deployment secara cepat dan hemat biaya.

Selain itu, pelanggan hybrid cloud dapat mengintegrasikan deployment yang baru dan yang sudah ada dengan bantuan ekosistem partner lokal, serta melalui banyak lokasi Dedicated Interconnect.

Baca Juga: Persaingan Semakin Keras, Perusahaan Retail Wajib Adopsi Cloud

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya