Comscore Tracker

Menpora Pastikan Pemerintah Penuhi Pendanaan Piala Dunia U-20

PSSI terbukti bisa menghidupi organisasi secara mandiri

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) sekaligus Ketua INAFOC, Zainudin Amali, menjanjikan pemerintah akan memenuhi kebutuhan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk menyiapkan Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang.

"Saya pastikan apa yang dibutuhkan untuk pembiayaan Timnas Indonesia pasti bakal kami penuhi," kata Zainudin Amali kepada IDN Times saat webinar bertema "Menyambut Piala Dunia U-20 dan Restart Liga 1", Jumat, 10 Juli 2020.

Menurut Zainudin, pihaknya bakal mempersiapkan segala kebutuhan Indonesia menjadi tuan rumah yang disodorkan PSSI. "Kita penuhi sepanjang sesuai aturan penggunaan aturan uang negara," lanjut dia.

1. PSSI diminta bersabar

Menpora Pastikan Pemerintah Penuhi Pendanaan Piala Dunia U-20Menpora Zainudin Amali bersama dengan Ketua PSSI Mochamad Iriawan (Dok. IDN Times/Istimewa)

Zainudin menyebut, pihaknya masih meninjau ulang dana-dana tersebut. Apalagi APBN dinilai berbeda dengan sumber-sumber pendanaan lain dan sesuai ketentuan, serta aturan-aturan yang ada.

"Karena ini berasal dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) harus agak sabar sedikit," ujar pria asal Gorontalo tersebut.

Tapi Zainudin tak merasa khawatir, karena ia mengaku percata kepada PSSI masih bisa mandiri sembari menunggu anggaran keluar. Menurutnya, PSSI merupakan organisasi yang mandiri dari segi pembiayaan. Terbukti dari penyelenggaraan Asian Games 2018.

Baca Juga: Piala Dunia U20, Bangku Stadion Gelora Sriwijaya Dikurangi 40 Persen  

2. Pemerintah sedang meninjau kebutuhan anggaran Piala Dunia U-20

Menpora Pastikan Pemerintah Penuhi Pendanaan Piala Dunia U-20ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Zainudin kembali menjelaskan, ia meyakni PSSI sebagai organisasi yang bisa berjalan mandiri karena disokong beberapa sponsor. Hanya saja, pandemik COVID-19 cukup menyulitkan hingga perlu bantuan dari pemerintah.

"PSSI kan terbiasa dari sponsor, jadi tak begitu rumit aturannya. Sekarang rumit karena dari APBN. Kita akan penuhi semua permintaannya, yang penting sabar dan perlu sinkronisasi," bebernya.

Baca Juga: Gelora Sriwijaya Siap Dipercantik Asal Jadi Venue Piala Dunia U-20

3. Menpora tegaskan tak boleh ada penyimpangan dana dalam Piala Dunia U-20

Menpora Pastikan Pemerintah Penuhi Pendanaan Piala Dunia U-20Logo Piala Dunia U-20. pssi.org

Menpora menegaskan, ajang Piala Dunia U-20 nantinya harus bersih. Atau tak boleh ada penyimpangan sedikit pun walau hanya Rp1. Baginya, berapa pun dana yang diputuskan oleh pemerintah harus diumumkan ke publik, karena uang yang digunakan merupakan milik rakyat.

"Saya sedang berpikir agar ada audit tiap beberapa waktu. Jadi begitu penyelenggaraan selesai, bisa langsung dilaporkan ke publik ini menghabiskan biaya berapa dan audit yang jelas. Jadi kami bisa sukses penyelenggaraan, sukses timnas dan sukses pengadministrasian, itu yang paling penting," tukas dia.

Baca Juga: Renovasi Stadion Gelora Sriwijaya Palembang Tunggu Arahan FIFA

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya