Comscore Tracker

17 Negara Ini Terpaksa Lockdown, Dampak Meluasnya Pandemi Corona 

COVID-19 melumpuhkan dunia

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 17 negara telah memutuskan lockdown, untuk menekan penyebaran virus corona atau COVID-19 di negara masing-masing. Keputusan belasan negara ini setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan COVID-19 sebagai pandemi.

WHO mengimbau agar seluruh negara mengambil langkah tegas yang efektif dalam menyikapi pandemi virus corona. Lockdown diartikan sebagai langkah pengamanan berupa penutupan akses masuk dan keluar suatu wilayah.

Berikut 17 negara yang telah resmi memberlakukan lockdown, seperti dilansir dari berbagai sumber:

1. Tiongkok

17 Negara Ini Terpaksa Lockdown, Dampak Meluasnya Pandemi Corona Seorang penumpang di Bandara Internasional Ibukota Beijing di tengah pandemik COVID-19, Tiongkok, pada 9 Maret 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Thomas Peter

Menjadi negara pertama yang terkena wabah COVID-19, Tiongkok telah memutuskan melakukan lockdown sejak 23 Januari lalu.

Awalnya, hanya 16 kota yang berada di sekitar Hubei yang menerapkan status lockdown. Kemudian pada puncaknya, upaya lockdown diterapkan hingga ke 20 wilayah di Tiongkok.

2. Italia

17 Negara Ini Terpaksa Lockdown, Dampak Meluasnya Pandemi Corona Suasana di Italia yang juga terdampak virus corona. (twitter.com/hknightsf)

Italia mulai memberlakukan lockdown secara nasional sejak 10 Maret lalu. Dalam status ini, setidaknya terdapat 60 juta jiwa yang harus dibatasi aktivitasnya.

Hingga akhirnya pada 11 Maret, Perdana Menteri Giuseppe Conte menutup hampir seluruh tempat-tempat umum seperti sekolah, museum, perpustakaan, universitas, kolam renang, dan salon kecantikan.

Sedangkan, toko kelontong dan apotek masih diperbolehkan beroperasi guna memenuhi kebutuhan sehari-hari warga.

3. Filipina

17 Negara Ini Terpaksa Lockdown, Dampak Meluasnya Pandemi Corona Suasana di Kota Makati saat karantina nasional untuk mencegah penyebaran COVID-19 di Metro Manila, Filipina, pada 17 Maret 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Eloisa Lopez

Presiden Filipina Rodrigo Duterte pertama kali mengumumkan instruksinya melakukan lockdown sejak 12 Maret 2020, dan diperkirakan akan berlangsung hingga 14 April mendatang,

Duterte melakukan lockdown terhadap Kota Manila, yang  menangguhkan seluruh rute perjalanan, baik melalui darat, laut, maupun udara, dari dan menuju Manila.

4. Arab Saudi

17 Negara Ini Terpaksa Lockdown, Dampak Meluasnya Pandemi Corona ANTARA FOTO/REUTERS/Ganoo Essa

Upaya lockdown juga telah diberlakukan Arab Saudi pada 14 Maret lalu, tepatnya di Provinsi Qatif, yang merupakan salah satu wilayah ditemukan infeksi virus corona. 

Tak hanya itu, Kerajaan Arab Saudi juga terpaksa meliburkan sekolah dan universitas di seluruh negerinya. Kementerian dalam negeri mengumumkan lockdown di Qatif, setelah Saudi mengonfirmasi empat kasus COVID-19 terbaru.

Selain itu, aktivitas di semua lembaga publik dan swasta di Saudi juga dihentikan, sebagai tindakan untuk mencegah penyebaran virus mematikan ini.

Baca Juga: Kisah WNI di Prancis, Stok Makanan untuk Satu Bulan karena COVID-19

5. El Salvador

17 Negara Ini Terpaksa Lockdown, Dampak Meluasnya Pandemi Corona Google Street View

Presiden El Savador Nayib Bukele telah mengumumkan untuk melakukan Alerta Naranja atau Peringatan Oranye. Peringatan ini merupakan sebuah tindakan karantina nasional yang melibatkan 6,4 juta warganya.

Tindakan ini juga mengharuskan seluruh sekolah meliburkan siswanya selama tiga pekan. Warga El Savador, terlebih para pendatang yang baru saja melakukan suatu perjalanan dari luar negeri, diharuskan melakukan karantina selama 30 hari.

6. Denmark

17 Negara Ini Terpaksa Lockdown, Dampak Meluasnya Pandemi Corona Google Street View

Pemerintah Denmark telah mengumumkan lockdown di seluruh negerinya sejak 14 Maret lalu. Upaya pencegahan penyebaran virus corona ini diperkirakan akan berlangsung hingga 13 April mendatang.

7. Polandia

17 Negara Ini Terpaksa Lockdown, Dampak Meluasnya Pandemi Corona Google Street View

Dilansir dari The Daily Mail, Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki mengumumkan pada 14 Maret, negaranya akan melakukan lockdown secara nasional, sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona.

Polandia melarang turis asing memasuki negara itu serta menutup semua restoran, bar, dan kasino. Selain itu, orang dari luar negeri yang hendak memasuki negara tersebut juga wajib dikarantina 14 hari.

8. Irlandia

17 Negara Ini Terpaksa Lockdown, Dampak Meluasnya Pandemi Corona Google Street View

Dilansir dari New York Post, semua sekolah, perguruan tinggi, fasilitas penitipan anak, dan lembaga budaya ditutup akibat lockdown di negara ini. Pertemuan di dalam ruangan juga dibatasi, tidak lebih dari 100 orang, dan di luar ruangan tidak lebih dari 500 orang.

Selain itu, dilansir Irish Times, Perdana Menteri Leo Varadkar menyatakan Irlandia belum pernah menyaksikan pandemi seperti ini sebelumnya.

9. Spanyol

17 Negara Ini Terpaksa Lockdown, Dampak Meluasnya Pandemi Corona Made Anindya Samhita mahasiswi S2 di Universitat de Barcelona, Spanyol (Instagram/anindyasamhita)

Setelah Italia, sejak 14 Maret lalu, Spanyol secara resmi menjadi negara Eropa kedua yang memberlakukan lockdown atau karantina secara nasional.

Selama masa karantina, masyarakat Spanyol diminta tidak meninggalkan rumah mereka selama 15 hari, kecuali mereka memiliki pekerjaan yang tidak memungkinkan ditinggal. Tak hanya itu, La Liga Spanyol juga akan ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan. 

10. Prancis

17 Negara Ini Terpaksa Lockdown, Dampak Meluasnya Pandemi Corona Google Street View

Pemerintah Prancis juga memberlakukan lockdown untuk menekan penyebaran virus corona di negaranya. Masyarakat dilarang berkeliaran di luar rumah mulai berlaku 16 Maret 2020. Lockdown ini diberlakukan selama 15 hari sejak status diberlakukan.

11. Belgia

17 Negara Ini Terpaksa Lockdown, Dampak Meluasnya Pandemi Corona Seorang pria berjalan sambil menarik koper di stasiun kereta yang sepi, setelah pemerintah memberlakukan 'lockdown' untuk mencegah penyebaran COVID-19, di Antwerp, Belgia, pada 18 Maret 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Francois Lenoir

Seperti dilansir NyTimes, pemerintah Belgia mengumumkan pemberlakuan lockdown sejak 18 Maret hingga 5 April mendatang. Namun, sejak 17 Maret, warga hanya diperbolehkan meninggalkan rumah hanya untuk membeli makanan, atau untuk keperluan kesehatan dan membantu seseorang yang membutuhkan.

Sekolah dan universitas ditutup serta karyawan perusahaan sebagian besar harus bekerja dari rumah.

Baca Juga: Kena Dampak COVID-19 Paling Parah di Benua, Afrika Selatan Lockdown

12. Malaysia

17 Negara Ini Terpaksa Lockdown, Dampak Meluasnya Pandemi Corona Google Street View

Negeri jiran Malaysia juga melakukan lockdown sejak 18 hingga 31 Maret mendatang. Sejumlah kegiatan bisnis yang biasa dilakukan terpaksa harus dihentikan sementara.

Tak hanya itu, Malaysia juga telah melarang sejumlah perjalanan dari dan menuju Malaysia, demi menghambat penyebaran virus corona.

13. Argentina

17 Negara Ini Terpaksa Lockdown, Dampak Meluasnya Pandemi Corona Google Street View

Presiden Argentina Alberto Fernandez telah mengumumkan lockdown pada 20 Maret lalu, dan akan berlangsung hingga 31 Maret mendatang. Alberto melarang seluruh warganya bepergian dan tetap berada di rumah. Warga hanya boleh meninggalkan rumah untuk membeli kebutuhan bahan pokok, seperti makanan dan kebutuhan dasar lainnya.

14. Yordania

17 Negara Ini Terpaksa Lockdown, Dampak Meluasnya Pandemi Corona Google Street View

Sebagai upaya mengurangi penyebaran virus corona, pemerintah Yordania juga meminta masyarakatnya agar tidak meninggalkan rumah sejak 20 Maret lalu, setelah menerapkan status lockdown. Tak hanya itu, seluruh toko di Yordania juga diharuskan tutup sementara waktu.

15. Belanda

17 Negara Ini Terpaksa Lockdown, Dampak Meluasnya Pandemi Corona Google Street View

Pemerintah negeri kincir angin ini juga telah memberlakukan lockdown yang berlangsung sejak 16 Maret lalu. Belanda mengunci wilayahnya hingga 6 April mendatang. Selama status lockdown berlangsung, seluruh tempat yang memungkinkan perkumpulan orang banyak telah ditutup.

16. Lebanon

17 Negara Ini Terpaksa Lockdown, Dampak Meluasnya Pandemi Corona Tentara Lebanon berpatroli untuk cegah penularan COVID-19 (twitter.com/@LebarmyOfficial)

Dilansir dari Straitstimes, pada 21 Maret lalu pemerintah Libanon menyerukan tentara dan pasukan keamanannya, untuk memastikan warganya tetap tinggal di rumah, untuk memperlambat penyebaran virus corona.

17. Inggris

17 Negara Ini Terpaksa Lockdown, Dampak Meluasnya Pandemi Corona Seorang pria dengan masker wajah duduk di dalam bus, di tengah meningkatnya COVID-19 di seluruh dunia, London, Inggris, pada 14 Maret 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Dylan Martinez

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson juga telah mengumumkan langkah tegas dengan memberlakukan lockdown atau karantina di negaranya pada Senin (23/3). Langkah ini sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

Perdana Menteri Inggris terpaksa mengambil langkah lockdown, setelah jumlah korban meninggal dunia akibat virus corona di Inggris bertambah menjadi 335 orang, dengan jumlah total 6.650 kasus.

Indonesia kapan ya menerapkan status lockdwon?

https://www.youtube.com/embed/eFLpdE7HfWQ

Baca Juga: Ekonom: Wabah COVID-19, Lockdown dan Social Distancing Jadi Dilema 

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya