PNS Bakal Digantikan Robot? Ini Penjelasan Lengkap Pemerintah

Pemerintah serius terkait kebijakan ini meski butuh waktu

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko Widodo berencana memangkas eselon III dan IV dan menggantikannya dengan memanfaatkan artificial intelligence (AI) atau robot. Jokowi menilai dengan pengunaan robot bisa mempercepat birokrasi.

Pertanyaan pun muncul, benarkah pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN) benar-benar akan digantikan robot? Apakah semua bidang atau sektor atau bagaimana? Lalu kapan penerapannya akan dilakukan?

Deputi Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PAN dan RB Rini Widyantini dalam wawancara langsung kepada IDN Times, di kantor Kemenpan RB, Jakarta, Rabu (4/12) menjelaskan secara rinci polemik ini.

1. Benarkah PNS akan digantikan robot atau AI?

PNS Bakal Digantikan Robot? Ini Penjelasan Lengkap PemerintahDeputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PAN RB) Rini Widyantini (IDN Times/Shemi)

Rini membenarkan PNS, khususnya eselon III dan IV, akan digantikan robot. Hal ini demi mempercepat layanan kepada masyarakat dan tatanan birokrasi itu.

“Kebutuhan penguasaan teknologi dalam tata kelola pemerintahan itu suatu keniscayaan yang tidak bisa kita tolak dan harus kita lakukan,” kata Rini.

Dasar kebijakan ini mengacu pada Perpres 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan Perpres 38 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

“Jadi perlu diartikan mengalihkan tata kelolanya yang berbasis IT. Jadi jangan dibayangkan ‘Oh jadi robot’. Gak lah,” imbuhnya.

2. Sudah sejauh mana proses penggantian PNS dengan robot?

PNS Bakal Digantikan Robot? Ini Penjelasan Lengkap PemerintahIDN Times/Abraham Herdyanto

Digitalisasi dalam birokrasi pemerintahan sebenarnya sudah lama dimulai. Misalkan saja Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau Online Single Submission (OSS) atau system pembayaran tol yang menggunakan e-money. “Misal untuk lapor tidak harus antar kementerian tapi sudah terhubung, artinya ada satu kesatuan data,” ujar Rini.

Namun dalam hal penggantian PNS oleh robot ini, Rini mengatakan pemerintah masih melakukan pemilahan bidang mana saja yang bisa digantikan oleh robot atau AI. “Harus dipilah mana layanan atau pekerjaan apa saja yang bisa digantikan dengan AI. Pengalihan eselon 3 dan 4 saja kita lakukan pemetaan, ini juga perlu kita lakukan pemilahan,” katanya.

3. Perlu memperhatikan berbagai aspek

PNS Bakal Digantikan Robot? Ini Penjelasan Lengkap PemerintahIDN Times/Istimewa

Rini menjelaskan saat ini Kemenpan RB dan kementerian lainnya baru melakukan pemangkasan jabatan struktural menjadi jabatan fungsional. Penggantian PNS dengan robot atau AI perlu memperhatikan berbagai aspek sebelum semuanya siap dilaksanakan.

“Ini perlu memperhatikan teknologi pendukung seperti apa, standar bisnis proses seperti apa, dan itu semua sudah diatur pada Perpres 95 dan 39,” katanya.

4. Tidak bisa diselesaikan dalam waktu cepat

PNS Bakal Digantikan Robot? Ini Penjelasan Lengkap PemerintahDeputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PAN RB) Rini Widyantini (IDN Times/Shemi)

Rini menekankan bahwa proses penggantian eselon III dan IV dengan robot ini akan memakan waktu yang cukup lama. Ia tidak menyebut batas waktu kapan kebijakan ini bisa sepenuhnya diterapkan, namun ia sangat berharap dapat dilaksanakan secepatnya.

“Jepang, Korea butuh waktu lama. Gak mungkin kita melakukan dalam waktu 2 bulan, tidak seperti itu. Bahwa ada yang berhasil melakukan itu, itu terobosan dan kita akan terus mendorong ke arah sana,” ujarnya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: BKN Pilih Lokasi Tes CPNS Palembang di Hotel Berbintang

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya