Mantap! Mahasiswa Dapat Bantuan Pulsa Rp150 Ribu per Bulan 

Gak cuma PNS doang yang dapat pulsa

Jakarta, IDN Times - Menteri Keuangan Sri Mulyani resmi meneken Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 394/KMK.02/2020 tentang Biaya Paket Data dan Komunikasi Tahun Anggaran 2020. Aturan ini tidak hanya mengakomodir anggaran pulsa bagi PNS, melainkan juga untuk mahasiswa dan masyarakat yang terlibat kegiatan belajar secara daring (online) sebesar Rp150 ribu.

"Kepada mahasiswa yang mengikuti kegiatan belajar mengajar secara daring (online) dan masyarakat yang terlibat dalam kegiatan secara daring yang bersifat insidentil dapat diberikan biaya paket data sesuai kebutuhan paling tinggi sebesar Rp150 ribu per orang per bulan," tulis Kepmenkeu tersebut yang dilansir pada Selasa (1/9/2020).

1. Keputusan Menteri Keuangan soal pemberian pulsa

Mantap! Mahasiswa Dapat Bantuan Pulsa Rp150 Ribu per Bulan IDN Times/Shemi

Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 394/KMK.02/2020 ini diteken pada Senin, 31 Agustus 2020. Berbagai pertimbangan Kepmenkeu ini adalah penerapan sistem kerja PNS dalam tatanan normal baru.

Dengan Kepmenkeu ini, PNS mendapatkan pulsa atau paket data sebesar Rp200 ribu hingga 400 ribu per orang per bulan berdasarkan jabatan dan fungsi mereka.

"Biaya paket data dan komunikasi sebagaimana dimaksud dalam aturan pertama, hanya dapat diberikan kepada pegawai yang dalam pelaksanaan tugasnya sebagian besar membutuhkan komunikasi secara daring (online)," tulis aturan tersebut.

Baca Juga: Sah! ASN dan Mahasiswa Resmi Dapat Kuota Internet dari Sri Mulyani

2. Pulsa kuota internet diberikan agar pembelajaran daring tak alami kendala

Mantap! Mahasiswa Dapat Bantuan Pulsa Rp150 Ribu per Bulan Ilustrasi siswa sekolah dasar belajar online (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Diberitakan sebelumnya, Juru Bicara Presiden Joko "Jokowi" Widodo Bidang Sosial, Angkie Yudistia mengatakan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menyiapkan bantuan pulsa bagi pelajar.

"Selain pulsa untuk pegawai negeri sipil (PNS), pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) juga menyiapkan bantuan pulsa untuk pelajar menggunakan skema dana BOS," kata Angkie dalam keterangan tertulisnya, Rabu (26/8/2020).

Angkie menjelaskan, pulsa tersebut diberikan untuk mendukung kelancaran pembelajaran jarak jauh (PJJ). Karena PJJ bersifat daring, maka bantuan yang diberikan adalah pulsa berupa kuota internet.

"Kita pahami bahwa proses pembelajaran daring mengalami kendala ketersediaan kuota internet dan khususnya bagi keluarga ekonomi rendah," ujar Angkie.

3. Untuk mencegah penyebaran COVID-19

Mantap! Mahasiswa Dapat Bantuan Pulsa Rp150 Ribu per Bulan Ilustrasi Belajar Online (IDN Times/Sunariyah)

Dalam merespons situasi pandemik COVID-19 ini, pendidikan daring atau PJJ adalah langkah yang ditempuh pemerintah untuk memastikan pendidikan berjalan dengan baik bagi seluruh siswa di Indonesia. Hal itu guna mengurangi penyebaran kasus di sekolah.

"Semua langkah dilakukan sebagai respons pemerintah terhadap situasi pandemik ini yang berimbas pada semua sektor, baik sosial, ekonomi, maupun pendidikan," jelasnya.

 

Baca Juga: Resmi! Pemerintah Berikan PNS Uang Pulsa hingga Rp400 Ribu per Bulan 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya