Comscore Tracker

Request Bagi Calon Menteri Jokowi, Pengusaha Penuh Harap akan Hal Ini

Koordinasi pengusaha dan menteri dinilai belum optimal

Jakarta, IDN Times - Presiden terpilih periode 2019-2024 Joko "Jokowi" Widodo masih punya pekerjaan rumah (PR) usai pelantikan. Jokowi masih akan mengumumkan siapa menteri-menterinya di kabinet baru pada periode ini.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani berharap menteri Jokowi di periode bisa lebih kompeten dan menguasai bidangnya.

"Sehingga, bisa jadi pertimbangan segi kompetensi yang utama. Kedua, leadership dala mengelola kementerian dan lembaga," kata Hariyadi kepada IDN Times, Minggu (20/10).

Hariyadi mengungkapkan, koordinasi antarmenteri dan pengusaha masih sangat lemah pada periode pertama. Hal itu membuat sejumlah aturan masih tumpang tindih. Disisi lain, masih ada kebijakan yang kerap tidak jelas akibat lemahnya koordinasi.

"Dari segi managerial skill, leadership tidak masksimal. Jadi aturan masih tumpang tindih, masih ada regulasi aneh," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan Roeslani berharap nantinya Jokowi bisa memilih menteri yang bisa bersinergi dengan para pelaku usaha. Menurutnya, sinergi tersebut diyakini bakal mendapat dukungan dari dunia usaha.

"Kita harapkan yang hubungan sudah baik dengan dunia usaha, dengan kadin bisa terus dijaga dan berkembang. Karena dengan sinergi antara dunia usaha dan pemerintah lainnya ini akan membuat kebijakan pemrintah di dukung dunia usaha. Kita akan terus memberikan masukkan dan input," kata Rosan.

Senada dengan para pengusaha, Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira menilai saat ini dunia usaha tengah menunggu siapa-siapa saja yang bakal mengisi kabinet kerja Jokowi di periode kedua.

"Sebenarnya lebih bagaimana menteri teknis apakah dari profesional, apakah punya integritas, tidak tersangkut kasus KPK, kebijakan yang masuk akal, pro duia usaha dan investasi dan sebagainya," ungkapnya.

https://www.youtube.com/embed/fxUV5VWpkBI

Baca Juga: Ini Harapan Pengusaha untuk Jokowi di Periode II

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Just For You